Breaking News:

Bayi di Bawah Jemuran

Pembuangan Bayi Kembali Terjadi di Kota Bogor, Ketua DPRD Soroti Fungsi Ketahanan Keluarga

Ketua DPRD Kota Bogor Atang Trisnanto mengatakan bahwa untuk mengantisiapasi adanya kasus yang sama perlu langkah penyelesainnya yang komprehensif dan

Ist
Kapolsek Bogor Utara Kompol Ilot Juanda mendatangi lokasi dan mencari informasi terkait penemuan bayi di Kampung Ciheuleut, Kelurahan Cibuluh, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor, Senin (24/8/2020). 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Lingga Arvian Nugroho

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR TENGAH - Kasus pembuangan bayi di Kota Bogor kembali terjadi pada Senin (24/8/2020).

Sebelumnya kasus serupa juga terjadi selama empat tahun berturut-turut sejak 2017 hingga 2020.

Ketua DPRD Kota Bogor Atang Trisnanto mengatakan bahwa untuk mengantisiapasi adanya kasus yang sama perlu langkah penyelesainnya yang komprehensif dan multidimensional.

"Pertama dari sisi pembangunan ketahanan keluarga, keluarga yang harmonis dan terjaga komunikasinya akan mereduksi hal-hal negatif tersebut," katanya Senin (24/8/2020) saat dihubungi TribunnewsBogor.com.

Kedua, kata Atang penguatan nilai pendidikan dan penguatan pengawasan disertai dengan sarana konseling yang memadai menjadi bagian penting untuk mencegah adanya pembuangan bayi.

Selanjutnya yang ketiga adalah penguatan ketahanan lingkungan.

"Faktor ini sangat penting sebagai pembentuk kehidupan sosial yang baik, ketiganya bisa saling menguatkan untuk mengatasi masalah sosial ini," ujarnya.

Atang mengatakan bahwa kasus pembuangan bayi adalah cerminan dekadensi moral para pelaku pembuangan bayi.

Dari analisanya memungkinan pertama bayi adalah hasil hubungan terlarang dan kedua anak hasil perkawinan tapi tidak diharapkan.

"Keduanya tentu tetap salah dan mencerminkan degradasi moral tadi, untuk itu perlu langkah penyelesainnya memerlukan langkah yg komprehensif dan multidimensional," ujarnya.

Penulis: Lingga Arvian Nugroho
Editor: Ardhi Sanjaya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved