Breaking News:

Akmal Marhali : Kompetisi Tanpa Degradasi, Itu Namanya Turnamen

Peraturan tersebut tertuang dalam surat keputusan bernomor 244/LIB-COR/VII/2020 dari PT Liga Indonesia Baru (LIB) untuk tim kontestan Liga 1 2020.

Istimewa
Akmal Marhali bersama Ketua Umum PSSI, Moch Iriawan dan Sekjen PSSI, Yunus Nusi berbincang tentang sepak bola nasional 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Yudistira Wanne

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, JAKARTA - Kompetisi Liga 1 2020 akan kembali bergulir pada 1 Oktober 2020 mendatang dipastikan berlangsung tanpa adanya sistem degradasi.

Peraturan tersebut tertuang dalam surat keputusan bernomor 244/LIB-COR/VII/2020 dari PT Liga Indonesia Baru (LIB) untuk tim kontestan Liga 1 2020.

Dalam peraturan tersebut Liga 1 2020 diselenggarakan dengan status tanpa dihadiri penonton dan tidak ada sistem degradasi.

Menyikapi persoalan kompetisi tanpa adanya sistem degradasi, pengamat sepak bola nasional, Akmal Marhali memiliki pandangan tersendiri.

Menurutnya, suatu kompetisi sepak bola di mana pun harus menggunakan format degradasi guna terlaksananya sportivitas dan persaingan terhadap seluruh tim kontestan.

"Inti dari kompetisi adalah adanya promosi dan degradasi. Bila tidak ada, bukan kompetisi namanya. Lebih pas disebut turnamen," ujarnya kepada TribunnewsBogor.com, Rabu (26/8/2020).

Lebih lanjut, Akmal menyarankan agar PSSI bersama operator penyelenggara kompetisi yakni PT LIB harus segera melaporkan perubahan sistem kompetisi khusus di tahun ini kepada AFC.

"Federasi dan operator penyelenggara harus memberitahu terkait perubahan format kompetisi kepada AFC. Tujuannya yaitu agar tidak terjadi permasalahan dikemudian hari," tegasnya.

Sementara itu, Liga 1 2020 akan bergulir pada 1 Oktober hingga Februari 2021 mendatang dengan catatan seluruh pertandingan diselenggarakan dan berpusat di pulau Jawa.

Jika kompetisi dilanjutkan, Persib Bandung masih kokoh di puncak klasemen Liga 1 2020 dengan mengumpulkan 9 angka dari 3 laga yang dimainkan.

Pada pertandingan perdana, 1 Maret lalu, Persib Bandung meraih angka penuh di kandangnya dengan mengalahkan Persela Lamongan dengan skor 3-0.

Kemudian di laga kedua, Persib Bandung mampu mengalahkan tuan rumah Arema FC dengan skor 1-2 pada 8 Maret lalu.

Di laga ketiga, tim berjuluk Maung Bandung berhasil mengandaskan perlawanan PSS Sleman dengan skor 2-1 pada 15 Maret.

Penulis: Yudistira Wanne
Editor: Ardhi Sanjaya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved