Breaking News:

Alasan Rumpin Cocok Jadi Ibu Kota DOB Kabupaten Bogor Barat Menurut Bupati Ade Yasin

Dia mengatakan bahwa Rumpin lebih laik dibandingkan Cigudeg melihat beberapa kali terjadinya bencana alam di lokasi tersebut.

TribunnewsBogor.com/Naufal Fauzy
Bupati Bogor Ade Yasin saat ditemui TribunnewsBogor.com di Gedung Tegar Beriman Cibinong, Kabupaten Bogor, Selasa (11/8/2020). 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Naufal Fauzy

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, CIBINONG - Bupati Bogor Ade Yasin mengatakan Kecamatan Rumpin cocok dijadikan Ibu Kota Daerah Otonomi Baru (DOB) Kabupaten Bogor Barat.

Dia mengatakan bahwa Rumpin lebih laik dibandingkan Cigudeg melihat beberapa kali terjadinya bencana alam di lokasi tersebut.

Selain itu, Rumpin menurutnya juga merupakan wilayah yang sangat strategis.

"Secara faktor kondisi geografis, Kecamatan Rumpin miliki letak yang sangat strategis, yang menjadikan Rumpin sangat potensial untuk menjadi kawasan unggul di Bogor Barat nanti," kata Ade Yasin dalam keterangan tertulisnya, Kamis (26/8/2020).

Lanjut Ade, Kecamatan Rumpin juga memiliki dua situ atau danau alami dengan total luas 2,7 hektar dan sejumlah mata air alam yang berfungsi sebagi tempat resapan air.

Hal ini menambah nilai positif karena nantinya dapat dimanfaatkan untuk menghidupkan sektor pertanian.

Selain itu, daerah ini juga memiliki potensi sumber daya alam batu andesit terbaik dan terbesar di Indonesia.

"Perusahaan eksplorasi Holcim dan Waskita adalah bagian dari puluhan perusahaan tambang mineral yang melakukan eksplorasi di wilayah Rumpin ini," kata Ade.

Tidak hanya itu, di Kecamatan Rumpin ini juga terdapat Markas Komando Detasemen Bravo Pasukan Khas (Satkes Den Bravo Paskhas) TNI, Pusat Teknologi Penerbangan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Pusdiklat Bela Negara Kementerian Pertahanan dan Balai Diklat Kehutanan.

"Atas dasar-dasar itulah kami Pemkab Bogor berpandangan bahwa Kecamatan Rumpin merupakan wilayah yang tepat untuk dijadikan calon ibu kota Kabupaten Bogor Barat," ungkapnya.

Diketahui, rencana pembentukan DOB Kabupaten Bogor Barat ini didasari kebutuhan agar pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat merata dan lebih efektif yang mana pertama kali diusulkan pada tahun 2000 silam.

Penulis: Naufal Fauzy
Editor: Ardhi Sanjaya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved