Breaking News:

Info Kesehatan

Benarkah Sebelum Operasi Tidak Boleh Makan dan Minum? Ini Penjelasan Dokter

Dokter Umum RS Vania dr. Yoshie Patricia berbagi informasi tentang puasa sebelum operasi.

TribunnewsBogor.com/Lingga Arvian Nugroho
Dr. Yoshie Patricia, Dokter Umum RS Vania. 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Lingga Arvian Nugroho

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR TENGAH - Bagi Anda yang pernah atau akan menjalani operasi, pasti dokter akan mewajibkan untuk berpuasa selama beberapa jam sebelum tindakan operasi.

Bagaimanakah penjelasan mengenai puasa sebelum operasi, Dokter Umum RS Vania dr Yoshie Patricia berbagi informasi tentang hal tersebut.

dr Yoshie mengatakan bahwa puasa sebelum operasi sangat dianjurkan, terutama pada operasi yang akan dilakukan tindakan pembiusan umum, setengah badan, ataupun sedasi.

Optimalnya, sebelum pembiusan lambung haruslah kosong, puasa memberikan waktu yang cukup untuk pengosongan lambung dan mengurangi risiko masuknya isi lambung serta sisa makanan ke saluran pernapasan atau yang disebut aspirasi paru.

"Ketika di bawah pengaruh obat bius, terutama bius total, Anda menjadi tidak sadar dan refleks tubuh dihentikan sementara, sehingga memungkinkan isi lambung masuk ke saluran pernapasan yang kemudian dapat terjadi muntah. Selain itu, isi lambung yang masuk ke paru-paru juga sangat berbahaya karena dapat mengakibatkan infeksi paru-paru dan Pneumonia Aspirasi," katanya Kamia (3/9/2020)

Namun demikian ada beberapa makanan dan minuman bisa masuk dalam mulut.

Tidur Siang Lebih dari 1 Jam Ternyata Tak Baik, Berisiko Buruk untuk Kesehatan !

Tips Kesehatan : Simak 7 Cara Ampuh Atasi Masuk Angin Tanpa Obat

dr Yoshie menjelaskan bahwa menurut American Society of Anesthesiology, makanan dan minuman aman untuk orang sehat dari segala usia yang menjalani operasi terencana untuk mengonsumsi cairan jernih.

"Termasuk air putih, jus bening tanpa bulir buah, teh tawar tidak pekat, kopi hitam tanpa ampas dan krimer, minuman pengganti elektrolit yang jernih, dan bukan alcohol, dapat dikonsumsi hingga dua jam sebelum operasi," ujarnya.

Untuk makanan bisa makanan ringan dan susu, roti panggang dan teh, salad dengan sup dapat dikonsumsi hingga enam jam sebelum operasi.

Halaman
123
Penulis: Lingga Arvian Nugroho
Editor: Mohamad Afkar Sarvika
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved