Breaking News:

Info Kesehatan

Ini 5 Cara untuk Mengurangi Risiko Terkena Kanker Payudara, Simak Penjelasannya

Berikut ini beberapa cara yang diangap meminimalkan risiko perempuan terkena kanker payudara:

Kompas.com
Ilustrasi 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Kanker payudara masih menjadi momok penyakit bagi perempuan di Indonesia.

Melansir dari situs resmi Kementerian Kesehatan RI (8/2/2019), prevalensi atau angka kejadian kanker di Indonesia mencapai 136,2 per 100.000 penduduk.

Jenis kanker paling banyak diidap perempuan di Indonesia adalah kanker payudara dengan prevalensi 42,1 per 100.000 penduduk.

Sedangkan jenis kanker paling banyak diidap pria Indonesia adalah kanker paru-paru, dengan angka kejadian 19,4 per 100.000 penduduk.

Melansir dari Cancer.org, ada beberapa faktor risiko penyebab kanker payudara tidak terhindarkan, misalkan jenis kelamin dan usia.

Penemuan beberapa kasus kanker payudara tidak terlepas dari paparan hormon estrogen yang dihasilkan tubuh perempuan.

Risiko kanker payudara juga meningkat seiring bertambahnya usia.

Selain itu, ada risiko genetik. Perempuan yang punya mutasi gen BRCA1 dan BRCA2 berpotensi mengidap kanker payudara dan ovarium.

Faktor keturunan juga berpengaruh. Perempuan yang memiliki ibu atau saudara kandung pengidap kanker payudara berisiko 4-6 kali lebih tinggi terkena kanker dibanding perempuan yang keluarganya terbebas dari kanker payudara.

Sementara, perempuan dengan ibu didiagnosis kanker payudara saat usianya kurang dari 60 tahun memiliki risiko terkena penyakit ini dua kali lipat dibanding mereka yang memiliki ibu dengan kanker payudara di atas usia 60 tahun.

Halaman
1234
Editor: Damanhuri
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved