Jakob Oetama Wafat

Kenang Pertemuan Pertamanya dengan Jakob Oetama, Anies: Waktu Itu Saya Kuliah di UGM

Pantauan Kompas.com, Anies datang menggunakan kemeja putih dan celana bahan berwarna hitam.

Editor: Vivi Febrianti
KOMPAS.com/WAHYU ADITYO PRODJO
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan melayat pendiri Kompas Gramedia dan tokoh pers, Jakob Oetama di Gedung Kompas Gramedia Palmerah Selatan Unit 2, Gelora, Tanah Abang, Jakarta pada Rabu (9/9/2020) pukul 22.40 WIB. 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengungkapkan awal pertemuannya dengan pendiri Kompas Gramedia dan tokoh pers, Jakob Oetama.

Anies pertama kali bertemu Jakob saat ia berkuliah di Universitas Gadjah Mada.

“Saya kenal Pak Jakob pertama kali saat kuliah. Waktu itu saya kuliah di UGM,” kata Anies seusai melayat Jakob Oetama di Gedung Kompas Gramedia Palmerah Selatan Unit 2, Gelora, Tanah Abang, Jakarta, Rabu (9/9/2020) malam.

Saat itu, Anies mengaku mendapatkan undangan untuk berdiskusi di kantor Kompas di Jakarta.

Ia menghadiri undangan diskusi bersama Jakob Oetama.

“Dan saat itu saya punya kesan ( Jakob Oetama) sebagai seorang yang punya pemikir yang bisa me-manage kegiatannya sehingga menjadi sebuah grup yang sebesar ini,” ujar Anies.

Hingga Jakob Oetama memasuki masa tua, Anies juga pernah beberapa kali berdiskusi di ruangan Jakob di Gedung Kompas Gramedia.

“Saya beberapa kali berdiskusi di ruangan beliau ( Jakob Oetama). Bertiga. Selalu ada satu orang yang mendampingi,” kata Anies.

Sebelumnya, Anies Baswedan melayat Jakob Oetama di Gedung Kompas Gramedia Palmerah Selatan Unit 2, Gelora, Tanah Abang, Jakarta pada Rabu (9/9/2020) pukul 22.40 WIB.

Pantauan Kompas.com, Anies datang menggunakan kemeja putih dan celana bahan berwarna hitam.

Jakob Oetama (88) meninggal dunia di Rumah Sakit Mitra Keluarga Kelapa Gading, Jakarta, Rabu (9/9/2020) pukul 13.05 WIB.

Jakob Oetama sempat dirawat di Rumah Sakit Mitra Keluarga Kelapa Gading sejak 22 Agustus 2020.

Ia masuk rumah sakit dalam keadaan kritis dan mengalami gangguan multiorgan. Kondisi Jakob Oetama sempat membaik di tengah perawatan.

Namun, karena faktor usia dan penyakit komorbid, kondisi Jakob Oetama memburuk dan akhirnya meninggal dunia.

Jenazah Pendiri Kompas Gramedia Jakob Oetama (88) dibawa ke Gedung Kompas Gramedia di Palmerah Selatan, Jakarta untuk mendapatkan penghormatan terakhir di Gedung Kompas Gramedia.

Jakob Oetama rencananya akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata pada Kamis (10/9/2020) pukul 12.00 WIB.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Melayat ke Gedung Kompas Gramedia, Anies Kenang Pertemuan Pertamanya dengan Jakob Oetama"

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved