Breaking News:

Kota Bogor, Depok, Cimahi dan Kabupaten Bekasi Masuk Zona Merah Covid-19

Adapun zona merah berarti daerah tersebut memiliki tingkat risiko tinggi penyebaran virus. Selain itu, terdapat pasien Covid-19 dalam jumlah cukup tin

TribunnewsBogor.com/Lingga Arvian Nugroho
Gubernur Jawa Barrat Ridwan Kamil mengimbau warga Jakarta tidak ke Puncak 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyampaikan hasil terbaru level kewaspadaan Covid-19 di Jabar.

Hasilnya, empat daerah di Jabar yakni Depok, Kota Bogor, Cimahi dan Kabupaten Bekasi masuk kategori zona merah penyebaran virus corona.

Adapun zona merah berarti daerah tersebut memiliki tingkat risiko tinggi penyebaran virus. Selain itu, terdapat pasien Covid-19 dalam jumlah cukup tinggi.

"Minggu ini zona merahnya ada empat, yaitu Kota Depok, Kota Bogor, Kabupaten Bekasi, dan Kota Cimahi. Artinya, memang mayoritas masih tetap di Bodebek, menyumbang kasus mingguan lebih dari 60 persen ada di Bodebek. Itulah kenapa koordinasi tadi sangat diperlukan," ujar Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil di Makodam III Siliwangi, Senin (14/9/2020).

Kemudian, tingkat keterisian ruang perawatan bagi pasien Covid-19 di Jabar rata-rata berada di angka 41 persen.

Namun, Emil menyebut, keterisian ruang perawatan di Kota Depok mulai kritis.

"Tapi memang sangat tinggi di Depok. Yang agak mengkhawatirkan adalah Kota Depok, itu (tingkat keterisian) yang ringan di 60 persen, yang sedang sudah hampir 80 persen. Tapi, sebaliknya Bogor itu kondisi rumah sakitnya sangat sangat terkendali ya, masih di bawah 40 persen" kata Emil.

Dengan kondisi demikian, Emil mengambil kebijakan agar tiap daerah melakukan subsidi silang untuk memenuhi kebutuhan ruang inap bagi pasien Covid-19.

"Sehingga kita sedang mengonsepkan subsidi silang ya, yaitu kalau satu wilayah penuh, maka kota, kabupaten tetangga kita koordinasikan untuk membantu kewilayahannya," kata Emil.

Emil menegaskan bahwa yang diutamakan adalah penanganan bersama.

"Kalau misalkan Depok itu nanti kewalahan, maka Bogor bisa membantu mengantisipasi oleh koordinasi dari provinsi. Sebaliknya juga. Jadi hanya Depok dan yang perlu kita waspadai dari sisi kondisi rumah sakit lain-lain Bodebek masih aman," kata dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Depok, Kota Bogor, Cimahi dan Kabupaten Bekasi Masuk Zona Merah

Editor: Ardhi Sanjaya
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved