Breaking News:

Stok Darah Menipis Imbas Pandemi, PMI Kabupaten Bogor Terpaksa Terapkan Sistem Donor Pengganti

Dia menjelaskan bahwa donor pengganti ini membantu stok darah yang berasal dari suka rela tetap terjaga.

TRIBUNNEWSBOGOR.COM/NAUFAL FAUZY
Kantor Unit Donor Darah PMI Kabupaten Bogor di Cibinong, Kabupaten Bogor, Kamis (17/9/2020). 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Naufal Fauzy

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, CIBINONG - Stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bogor menipis karena imbas pandemi Covid-19.

Menurut Kepala Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Kabupaten Bogor Dini Susanti, stok darah ideal yang seharusnya sebanyak sekitar 2.000 kantong per bulan kini anjlok sebanyak 50 persen.

Pihaknya, kata dia, terpaksa menerapkan sistem donor pengganti sebagai antisipasi agar stok darah tidak habis.

"Karena ketidak cukupan stok darah ya terpaksa kita menerapkan salah satunya donor pengganti," kata Dini Susanti kepada TribunnewsBogor.com di Kantor PMI Kabupaten Bogor, Cibinong, Kamis (17/9/2020).

Dia menjelaskan bahwa donor pengganti ini membantu stok darah yang berasal dari suka rela tetap terjaga.

Sebab, kata dia, stok darah harus tetap ada demi mengantisipasi hal-hal urgent atau darurat di dunia medis khususnya di Kabupaten Bogor.

"Supaya stok darah itu tetap ada untuk mengantisipasi kalau pasien yang urgent, harus segera mendapatkan darah, jadi darah yang sudah keluar itu, keluarga pasien membawa pendonor untuk menggantikan stok yang kita keluarkan," kata Dini Susanti.

Penggunaan stok darah dari PMI Kabupaten Bogor di tengah pandemi Covid-19 menurut Dini masih sama seperti di hari-hari normal diantaranya seperti untuk pasien pendarahan, pasien demam berdarah, penggunaan trombosit dan yang lainnya.

Namun jumlah stok darah sementara ini menurun karena terbatasnya kegiatan donor darah imbas Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang diberlakukan saat pandemi Covid-19 ini.

Meski begitu, PMI Kabupaten Bogor tetap berupaya menambah stok darah dengan cara terus menerus promosi donor darah serta bekerja sama dengan instansi-instansi atau lembaga-lembaga yang ingin mendonorkan darah.

Penulis: Naufal Fauzy
Editor: Vivi Febrianti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved