Breaking News:

Pemkab Bogor Dukung Pemprov Jabar Beri Bantuan ke Daerah Lewat Hutang

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor dukung Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) yang meminjam untuk bantuan daerah di tengah Pandemi Covid-19.

TribunnennwsBogor.com/Naufal Fauzy
Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan saat ditemui TribunnewsBogor.com di Cibinong, Rabu (23/9/2020). 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Naufal Fauzy

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, CIBINONG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor dukung Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) yang meminjam untuk bantuan daerah di tengah Pandemi Covid-19.

Dukungan Pemkab Bogor ini dilakukan bersama 23 daerah lain di Jawa Barat.

"Kita menandatangani dari 23 kabupaten kota di Jabar dukungan kepada Provinsi Jabar dalam rangka pinjaman keuangan," kata Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan, Kamis (24/9/2020).

Dia menjelaskan bahwa pinjaman yang dilakukan Provinsi Jabar ini sebesar Rp 1,8 Triliun.

Iwan menjelaskan bahwa bantuan provinsi (banprov) yang turun tiap tahun untuk tahun ini terkendala keuangan Provinsi Jabar yang dalam posisi defisit.

"Banprov dulu Rp 250 Miliar, direfokusing jadi Rp 161 Miliar. Itu juga duitnya defisit, makanya provinsi pinjam untuk menutupi janji banprov kepada daerah," kata Iwan.

Dana hasil pinjaman ini kata dia diprioritaskan peruntukannya adalah untuk pemulihan ekonomi di daerah.

Seperti penciptaan lapangan kerja dan penyerapan lapangan kerja di daerah, pengadaan bahan baku lokal dan memberi manfaat sosial dan ekonomi bagi masyarakat.

"Jadi kita sepakati sekarang ini untuk menutupi defisit provinsi. Terkait masalah kucuran uangnya ini bertahap dan kita berharap kucuran ini sebelum akhir tahun sudah selesai," ungkapnya.

Penulis: Naufal Fauzy
Editor: Damanhuri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved