Breaking News:

Luncurkan Wisata Edukasi Virtual, Kebun Raya Bogor Ajak Belajar dan Wisata Dari Rumah

Di tengah masa pandemi Covid-19, tempat wisata di Bogor yakni Kebun Raya Bogor membuat inovasi wisata edukasi virtual di Kebun Raya Bogor.

istimewa
Pelaksakaan wisata edukasi virtual di Kebun Raya Bogor. 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Lingga Arvian Nugroho

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR TENGAH - Di tengah masa pandemi Covid-19, tempat wisata di Bogor yakni Kebun Raya Bogor membuat inovasi wisata edukasi virtual di Kebun Raya Bogor.

Konsep tersebut sebagai terobosan di tengah situasi pandemi Covid-19 yang membuat para pelajar mengikuti pelajaran jarak jauh dan tidak bisa berkunjung ke tempat wisata di Bogor untuk mendapat pengetahuan dari wisata edukasi di Bogor.

Sejalan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Kebun Raya Bogor dibawah Lipi dan dibantu pengelolaannya oleh PT Mitra Natura Raya meluncurkan wisata edukasi virtual.

Pada program ini masyarakat akan diajak oleh tour guide untuk berkeliling melihat berbagai lokasi menarik di Kebun Raya Bogor seperti lokasi sejarah, koleksi tumbuhan menarik dan museum zoologi.

Kepala Pusat Penelitian Konservasi Tumbuhan Dan Kebun Raya-LIPI Dr Hendrian mengatakan inovasi yang dibuat oleh PT Mitra Natura Raya berkaitan dengan lima tugas dan funsgi Kebun Raya Bogor.

"Iya ini termasuk kedalam pendukung lima tusi Kebun Raya Bogor diantaranya konservasi, penelitian, pendidikan lingk­ungan, jasa lingkungan dan wisata," ujarnya.

Hendrian juga memberikan masukan agar dalam wisata edukasi juga diperkenalkan sejarah Kebun Raya Bogor, jenis-jenis tanaman dan kegiatan konservasi di Kebun Raya Bogor.

Untuk itu Hendrian mempercayakan kepada PT Mitra Natura Raya untuk mengemas paket edukasi konservasi, penelitian, serta pendidikan lingkungan untuk dikemas secara menarik agar bisa do cerna oleh kalangan pelajar.

Dilokasi yang sama Presiden Diolrektur PT Mitra Natura Raya Hendra Noor Saleh mengatakan bahwa Kebun Raya Bogor terus berinovasi agar masyarakat tetap dapat menikmati wisata Kebun Raya Bogor dari rumah,

"Untuk itu Kebun Raya Bogor meluncurkan program Virtual Tour de Kebun Raya yang diisi dengan kegiatan wisata flora dan fauna di Kebun Raya Bogor yang dipandu oleh Tour Guide berpengalaman," ujarnya.

Hendra menjelaskan bahwa virtual tour adalah konsep terbaru dari pengelola Kebun Raya Bogor baik dari LIPI ataupun PT Mitra Natura Raya diera Covid-19.

"Kami harus tetap berkreatifitas di masa pandemi ini karena saat ini adik-adik ssiswa siswi kita sedang belajar dari rumah dengan velajar jarak jauh sehingga kita harus memberikan alternatif tambahan dan pengetahuan bersifat popular," ujarnya.

Hendra berharap dengan wisata edukaai virtual para pelajar tetap bisa mengakses wisata edukasi dengan cara yang menarik meski berada di tengah pandemi Covid-19

"Kita berharap dengan virtual ini untuk memberikan pengetahuan kepada adik-adik siswa agar memahami mengerti bahwa negara Indonesia adalah sumber kekayaan hayati, kita berharap juga adik adik kita mendapat pengetahuan dan motivasi untuk mendalami kekayaan hayati itu dan menjadi bekal kemajuan bangsa dimasa yang akan datang," katanya.

Penulis: Lingga Arvian Nugroho
Editor: Damanhuri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved