Breaking News:

Liga 1 2020

Polri Belum Izinkan Liga 1 dan 2 2020 Bergulir di Tengah Pandemi Covid-19, Pengamat: Serba Sulit

PSSI saat ini bisa dibilang sebagai the right man on the wrong place untuk memulai kembali kompetisi Liga 1 dan 2 2020

Penulis: Yudistira Wanne | Editor: Damanhuri
istimewa
Akmal Marhali 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Yudistira Wanne

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, JAKARTA - PSSI saat ini bisa dibilang sebagai the right man on the wrong place untuk memulai kembali kompetisi Liga 1 dan 2 2020 akibat pandemi covid. Itu kalimat yang terlontar dari pengamat sepak bola nasional, Akmal Marhali.

Akmal mengatakan, belum turunnya izin dari Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) terkait penyelenggaraan kompetisi tersebut tak terlepas dari pandemi Covid-19 yang tak kunjung mereda.

"Covid-19 yang belum mampu ditangani secara baik membuat segalanya menjadi serba sulit. Bukan hanya sepak bola, semua sektor kehidupan," ujarnya kepada TribunnewsBogor.com, Selasa (29/9/2020).

Lebih lanjut, Akmal menjelaskan bahwa problem untuk memulai kembali kompetisi sepak bola Indonesia adalah soal pemahaman terhadap covid dan pelaksanaan terhadap ptotokoler kesehatan.

"Setiap daerah punya kebijakan berbeda-beda soal covid, plus juga setiap daerah punya problem berbeda soal covid," jelasnya.

Akmal pun membeberkan bahwa keputusan yang diambil oleh Polri disaat pandemi Covid-19 sudah sangat tepat.

"Polisi bukan hanya mengurusi sepakbola, mereka mengurusi semua sektor kehidupan masyarakat. Kebijakan polisi soal izin keramaian sejatinya berlaku umum. Semua sektor kehidupan," tegasnya.

Selain itu, Akmal menegaskan bahwa PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) harus mampu menyelaraskan antara gagasan dengan praktek di lapangan.

"Karena itu PSSI bersama LIB harus mempu meyakinkan pemerintah bahwa kompetisi bisa digelar dengan tetap mengedepankan keselamatan dan kesehatan jiwa seperti yang sudah dilakulan di sejumlah negara eropa," paparnya.

Diketahui, Polri tidak memberikan izin bergulirnya Liga 1 dan Liga 2 2020 di tengah masa pandemi Covid-19.

Kadiv Humas Polri, Irjen Argo Yuwono, mengatakan bahwa pihaknya tidak memberikan izin terkait kelanjutan Liga 1 dan Liga 2 musim ini.

Setidaknya ada tiga alasan mengapa Polri tidak memberikan izin bergulirnya Liga 1 dan Liga 2 2020.

Menurut penuturan Argo, salah satu alasan tidak mengizinkan Liga 1 dan Liga 2 2020 digulirkan kembali adalah situasi pandemi Covid-19 yang masih terus meningkat.

"Terkait Liga Indonesia Baru 1 dan 2 yang akan dilaksanakan mulai tanggal 1 Oktober 2020, Polri tidak mengeluarkan izin keramaian dengan pertimbangan situasi pandemi Covid-19 masih terus meningkat, jumlah masyarakat yang terinfeksi," jelasnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved