Breaking News:

Penanganan Covid

Kabar Baik, Pemerintah Dukung Pengembangan Obat Herbal saat Pandemi Covid-19

Presiden RI Joko Widodo berfokus pada pengembangan obat-obatan yang bersumber dari bahan baku asli Indonesia.

TribunnewsBogor.com/Naufal Fauzy
Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy melakukan peninjauan penyaluran bantuan sosial di Desa Cikeas Udik, Kecamatan Gunungputri, Kabupaten Bogor, Jumat (15/5/2020). 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan, pengembangan tanaman obat dan herbal di masa pandemi Covid-19 ini sangatlah penting.

Menurutnya, saat ini Presiden RI Joko Widodo berfokus pada pengembangan obat-obatan yang bersumber dari bahan baku asli Indonesia.

"Sesuai arahan Presiden, diminta untuk lebih mengutamakan pada bahan yang bersumber dari Indonesia sendiri, yaitu bahan baku lokal," ujar Muhadjir melalui keterangan tertulis, Kamis (8/10/2020).

Muhadjir mengatakan jika dikembangkan tanaman herbal bisa menjadi obat fitofarmaka atau obat dari bahan alam yang telah dibuktikan keamanannya dengan uji klinis.

Untuk meningkatkan kesejahteraan petani tanaman obat, Muhadjir mengatakan, nantinya pemerintah akan mendesain korporasi khusus untuk tanaman obat.

Update Kasus Covid-19 Kota Bogor: Bertambah 39, Total 253 Orang Terkonfirmasi Positif per Oktober

Hal itu dilakukan agar para petani bisa memasarkan produknya secara kontinyu dan memilki pasar yang tetap.

"Dengan demikian, produk petani itu mulai dari proses penanamannya, pembibitannya, kemudian sudah menjadi produk itu dibimbing sampai ada jaminan bahwa produknya nanti hasil petani itu akan terbeli," tutur Muhadjir.

"Sehingga petani akan merasa aman merasa nyaman dalam bekerja. Sementara produknya juga akan berstandar yang sesuai dengan kebutuhan obat," tambah Muhadjir.

Cegah Penyebaran Covid-19, Pertamina Edukasi Pelanggan Soal Protokol Kesehatan di SPBU

Seperti diketahui, Pemerintah lewat Satgas Covid-19 saat ini terus menggencarkan kampanye penyuluhan 3M (Memakai masker, rajin mencuci tangan, dan selalu menjaga jarak).

Kampanye 3M ini terus menerus disosialisasikan supaya masyarakat tidak lupa bahwa penyebaran Covid-19 banyak datang dari pergerakan manusia. Sehingga pelaksanaan 3M harus dijalankan secara ketat.

Catatan Redaksi:

Bersama-kita lawan virus corona. Tribunnews.com mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan.

Ingat pesan ibu, 3M (Memakai masker, rajin Mencuci tangan, dan selalu Menjaga jarak).

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Pemerintah Dukung Pengembangan Obat Herbal di Masa Pandemi Covid-19

Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved