Breaking News:

Wajah Asli Sistem Pangan Indonesia Terkuak Saat Pandemi, KRKP : Pelajaran Penting

Peringatan Hari Pangan Sedunia tahun 2020 ini akan berlangsung di tengah kerawanan pangan imbas Pandemi Covid-19.

TRIBUNNEWSBOGOR.COM/NAUFAL FAUZY
Koordinator Koalisi Rakyat untuk Kedaulatan Pangan (KRKP) Said Abdullah dalam jumpa pers secara virtual, Kamis (15/10/2020). 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Naufal Fauzy

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, DRAMAGA - Peringatan Hari Pangan Sedunia tahun 2020 ini akan berlangsung di tengah kerawanan pangan imbas Pandemi Covid-19.

Koordinator Koalisi Rakyat untuk Kedaulatan Pangan (KRKP) Said Abdullah mengatakan bahwa diperlukan adanya upaya kolektif, berkelanjutan dan mendasar untuk keluar dari ancaman krisis pangan ini.

Perubahan yang penting dilakukan, menurutnya adalah pada sistem pangan.

"Pandemi ini memberikan pelajaran penting karena menampilkan wajah sistem pangan kita yang sesungguhnya. Sistem pangan nasional sangat rentan, tidak resilien ketika ada guncangan dan belum berkeadilan," kata Said Abdullah dalam keterangan tertulisnya, Kamis (15/10/2020).

Kerentanan ini, kata dia, muncul karena besarnya ketergantungan Indonesia pada sistem pangan global yang dikendalikan oleh korporasi dan pemburu rente.

Padahal, lanjut dia, Indonesia memiliki sumber daya pangan yang melimpah dan petani yang kuat.

Perbaikan sistem pangan juga diperlukan mengingat saat ini aspek kedaulatan dan keadilan belum terlihat di dalamnya karena petani masih menjadi obyek dan menerima manfaat yang kecil dari sistem pangan yang ada saat ini.

"Pada saat pandemi ini petani, terutama perempuan tani dan petani muda berdiri pada garis depan, terus bekerja menyediakan pangan untuk seluruh rakyat," katanya.

Dalam rangka perbaikan sistem pangan yang lebih berdaulat, adil dan resilien, KRKP Bersama Tani Center IPB telah mencanangkan Indonesian Food System Summit (IFSS) yang akan digelar tengah tahun 2021.

Halaman
12
Penulis: Naufal Fauzy
Editor: Vivi Febrianti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved