Breaking News:

Kembali Membaik, Penjualan Mobil Bekas Naik Hingga 20 Persen

Selain itu, rata-rata unit yang tersedia (stock) di showroom berkurang 35 persen menjadi 4,2 (dari sebelumnya 6,5) pada bulan Agustus 2020.

Kompas.com/Ist
Konsumen mobil88 yang mencari mobil bekas.(Istimewa) 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Platform jual beli mobil secara daring, OLX Autos menyatakan bahwa tren pasar mobil bekas kembali membaik selama periode pembatasan sosial berskala besar ( PSBB) transisi.

Temuan ini berdasarkan survei kecil-kecilan perseroan dalam melihat pergerakan segmen mobil bekas usai dilonggarkannya aturan PSBB di berbagai wilayah Indonesia.

"Lebih khusus, dalam tiga bulan setelah PSBB ketat permintaan mobil bekas mengalami peningkatan sebanyak 15-20 persen. Peningkatan ini didorong minat masyarakat terhadap penggunaan mobil pribadi yang meningkat," kata Johnny Widodo, CEO OLX Autos Indonesia dalam siaran pers, Jumat (16/10/2020).

"Selain itu juga, secara perlahan, kini showroom mulai buka sehingga memberikan pilihan lebih banyak bagi masyarakat yang ingin membeli mobil," lanjut dia.

Faktor yang melatarbelakangi adanya peningkatan mobil bekas ialah, pertama, saat ini sudah ada 62 persen showroom yang beroperasi dibandingkan pada masa PSBB yang hanya 32 persen.

Berangsur normalnya aktivitas itu mendorong peningkatan pembelian.

Dari hasil survei yang dilakukan, rata-rata pembelian dan penjualan naik 50 persen pada bulan Agustus 2020 dibandingkan saat awal pandemi, dari yang semula 1,4 menjadi 2,1.

Selain itu, rata-rata unit yang tersedia (stock) di showroom berkurang 35 persen menjadi 4,2 (dari sebelumnya 6,5) pada bulan Agustus 2020.

Hal itu memperlihatkan adanya minat masyarakat untuk membeli mobil bekas.

Temuan lain juga menyebutkan sebanyak 52 persen responden memiliki keinginan untuk membeli mobil dibandingkan pada masa awal pandemi yang hanya mencapai 22 persen.

Halaman
12
Editor: Vivi Febrianti
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved