Breaking News:

HUT Museum Balai Kirti ke-6, Seminar Daring Galang Solidaritas Digelar Libatkan Sejumlah Tokoh

Peringati Hari Ulang Tahun (HUT) Museum Kepresidenan RI Balai Kirti ke-6, seminar secara daring digelar melibatkan para tokoh negara.

TribunnewsBogor.com/Naufal Fauzy
Peringati Hari Ulang Tahun (HUT) Museum Kepresidenan RI Balai Kirti ke-6, seminar secara daring digelar melibatkan para tokoh negara, Minggu (18/10/2020). 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Naufal Fauzy

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR TENGAH - Peringati Hari Ulang Tahun (HUT) Museum Kepresidenan RI Balai Kirti ke-6, seminar secara daring digelar melibatkan para tokoh negara, Minggu (18/10/2020).

Seminar ini berpusat di Hotel Savero, Kota Bogor dan diikuti sejumlah pembicara secara daring seperti Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud RI) Ainun Naim dan Mendikbud RI 2009-2014 Muhammad Nuh.

Selain itu diisi pula pembicara Kepala Pusat Pendidikan Karakter Kemendikbud RI Ir. Hendarman,
Wali Kota Pare-Pare Taufan Pawe, Wali Kota Bogor Bima Arya, Pekerja Seni Asmara Abigail dan Psikolog
Analisa Widyaningrum.

Seminar ini digelar dengan tema 'Menggalang Solidaritas Kehidupan Berbangsa Melalui Penguatan Karakter di Museum Kepresidenan RI Balai Kirti.'

"Kami sengaja membuat tema menggalang solidaritas sesuai dengan HUT museum temanya seperti itu," kata Kepala Museum Kepresidenan RI Balai Kirti, Dewi Murwaningrum.

Maka dari itu, untuk tema penguatan karakter, pihaknya mengundang sebagai pembicara kepala pusat pendidikan karakter dari Kemendikbud RI.

Kemudian untuk Mendikbud RI 2009-2014 Muhammad Nuh, kata dia, diundang karena beliau merupakan penggagas yang mengimplementasikan arahan Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk membangun museum Balai Kirti dengan tujuan merawat, mendokumentasikan dan mempublikasikan hal-hal yang baik dari presiden

"Contohnya adalah prestasi presiden, pencapaian terbaik presiden yang direpresentasikan melalui koleksi-koleksi di Balai Kirti. Antara lain ada baju saat beliau menjabat sebagai presiden, lukisan, foto, video dan ada juga patung," katanya.

Dewi berharap kegiatan ini bisa mengajak masyarakat dan generasi muda untuk lebih mencintai museumnya dan juga menjadikan inspirasi atas prestasi terbaik yang dilakukan oleh presiden.

Dalam upaya menyukseskan penguatan pendidikan karakter bangsa di museum ini, selain seminar daring, Museum Kepresidenan RI Balai Kirti yang berlokasi di Kota Bogor ini juga mengadakan rangkaian kegiatan lainnya sebagai bentuk edukasi dan sosialisasi museum kepada masyarakat.

Meliputi lomba bercerita, talk show di media elektronik, pameran daring, dan kegiatan bersama komunitas yang mana seluruh rangkaian kegiatan ini dilaksanakan secara daring.

"Harapan kami untuk acara seminar ini kembali mengingatkan masyarakat dan mengajak generasi muda untuk lebih mencintai museumnya dan juga menjadikan inspirasi atas prestasi terbaik yang dilakukan oleh presiden," ungkapnya.

Penulis: Naufal Fauzy
Editor: Mohamad Afkar Sarvika
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved