Penanganan Covid

Selain 3M, Achmad Yurianto Punya Cara Lain Cegah Penularan Corona

Achmad Yurianto memiliki cara jitu lainnya agar Covid-19 yang berasal dari virus Sars-Cov-2 itu segera hilang penyebarannya.

Shutterstock
Ilustrasi virus corona 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan  Achmad Yurianto mengatakan, selama ini masyarakat diimbau menerapkan 3M yaitu Memakai masker, rajin Mencuci tangan, dan selalu Menjaga jarak agar rantai penyebaran Covid-19 mereda.

Namun ternyata, dirinya memiliki cara jitu lainnya agar Covid-19 yang berasal dari virus Sars-Cov-2 itu segera hilang penyebarannya.

Yurianto mengatakan, cara jitu tersebut dinamakan 3W.

“Kalau saya malah cenderung jadi 3W. Wajib jaga jarak, Wajib pakai masker, Wajib cuci tangan pakai sabun,” kata Yurianto dalam keterangannya, Rabu (21/10/2020).

Ia berujar, supaya masyarakat tidak menganggap Covid-19 akan selesai dengan adanya vaksin.

"Jangan menganggap jika sudah divaksin, maka bebas meninggalkan protokol kesehatan," ujar Yurianto.

Sebab, dijelaskannya, vaksin ternyata lini kedua untuk menangkal Covid-19. Lini utamanya yakni tetap pada protokol 3M dan 3W.

Yurianto mengingatkan pandemi ini terkena di banyak negara, dan banyak negara yang belum akan melaksanakan vaksinasi.

“Maka datangnya pandemi ke setiap negara lagi sangat mungkin. Tiongkok sendiri, tetap saja menyaring kunjungan yang masuk, harus karantina 14 hari. Jadi mari sama-sama kita pahami. Bukan dengan vaksinasi maka pandemi selesai,” kata dia.

Baca juga: Libur Panjang Polri Batasi Kapasitas Rest Area dan Pengunjung Wajib Patuhi 3M

“Vaksin adalah pertahanan kedua untuk tidak sakit jadi sakit. Tak benar dengan vaksin kita akan normal seperti dulu, kita masih harus adaptasi dengan kebiasaan yang baru,” imbuhnya.

Sekalipun sudah mencapai herd immunity atau kekebalan kawanan, kata dia, tetap harus melakukan protokol kesehatan.

Sebab menurut Yurianto, saat ini pergerakan orang adalah faktor satu-satunya. Pembawa penyakit adalah manusia.

"Jika terjadi kontak dekat tak terlindungi manusia yang rentan terjadi penularan," kata Yurianto.

Sebagaimana diketahui, pemerintah lewat Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 saat ini terus menggencarkan kampanye penyuluhan protokol kesehatan 3M yaitu Memakai masker, rajin Mencuci tangan, dan selalu Menjaga jarak.

Kampanye 3M ini terus menerus disosialisasikan supaya masyarakat tidak lupa bahwa penyebaran Covid-19 banyak datang dari pergerakan manusia. Makanya, pelaksanaan 3M harus dijalankan secara ketat.

Catatan redaksi: Bersama-kita lawan virus Corona. Tribunnews.com mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Ingat pesan ibu, 3M (Memakai masker, rajin Mencuci tangan, dan selalu Menjaga jarak).

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Selain Andalkan 3M, 3W Jadi Cara Jitu Putus Penularan Covid-19

Sumber: Tribunnews.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved