Breaking News:

Dosen IPB Ajarkan Masyarakat Pemanfaatan Libah Dapur Hingga Menjadi Pupuk Cair

Profesi dosen yang memiliki tanggung jawab untuk mengajar juga memiliki tanggung jawab untuk mengabdikan ilmunya ke masyarakat secara luas.

Penulis: Lingga Arvian Nugroho
Editor: Damanhuri
istimewa
dosen IPB University yakni Dr. Illah Sailah dari Fakultas Teknologi Pertanian dan Dr. Dwi Guntoro dari akultas Pertanian mengadakan kegiatan penyuluhan dan pelatihan kepada masyarakat tentang pemanfaatan limbah dapur menjadi pupuk organik cair. 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Lingga Arvian Nugroho

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR TENGAH - Di tengah pandemi Covid-19 Dosen IPB University tetap melalukan pemgabdiannya.

Profesi dosen yang memiliki tanggung jawab untuk mengajar juga memiliki tanggung jawab untuk mengabdikan ilmunya ke masyarakat secara luas.

Dua ornang dosen IPB University yakni Dr. Illah Sailah dari Fakultas Teknologi Pertanian dan Dr. Dwi Guntoro dari akultas Pertanian mengadakan kegiatan penyuluhan dan pelatihan kepada masyarakat tentang pemanfaatan limbah dapur menjadi pupuk organik cair.

Sebelum mengadakan praktik penyuluhan dosen memberikan materinya terlebih dahulu melalui komunikasi virtual yang diikuti oleh 100 peserta dari Aceh, Kalimantan Tengah, NTB, Jabar dan DKI Jakarta.

Peserta sebagian besar datang dari kalangan akademisi maupun yang berkarya di luar bidang pertanian.

Dalam kesempatan itu dipaparkan tentang manfaat dan pembuatan Pupuk Organik Cair (POC), cara perbanyakan Mikroorganisme Lokal (MOL), dan penggunaan POC untuk tanaman.

“Mengenai penggunaan yang efektif untuk tanaman, tergantung jumlah mikroba yang ada dalam POC, biasanya 1 liter POC dapat diencerkan dalam 200 liter, apabila sudah dilakukan uji secara lengkap”, ujar Dwi Guntoro.

Praktik pembuatan POC telah didemonstrasikan dan diikuti oleh peserta yang sebelumnya telah mengikuti pertemuan virtual.

Praktik ini diselenggarakan di Pakuan Regency Bogor yang diikuti oleh 30 orang peserta dan disaksikan oleh Lurah Margajaya Yudi Maryudi Somiki dan Ketua RW 03 klaster Linggabuana, tepatnya di Kebun Edukasi.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved