Breaking News:

Dodol Bojonggede Dibikin Brownis, Jadi Kuliner Khas yang Punya Rasa Tersendiri

Namun tahukah Anda, bahan baku dodol yang terkandung di dalam setiap balutan brownies tersebut diperoleh dari mana?

TribunnewsBogor.com/Yudistira Wanne
Generasi kedua penerus Dodol asli Bojonggede, Agus Sulaiman 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Yudistira Wanne

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOJONGGEDE - Pernah mendengar nama Brownies Dodol (B'dol) Bojonggede, Kabupaten Bogor? Ya, itu merupakan salah satu produk unggulan UMKM di wilayah tersebut.

Usaha rumahan yang dirintis oleh Julia Retnowulan itu kini produknya tersedia di galeri UMKM Desa Bojonggede, Kabupaten Bogor dan sudah menjadi salah satu ikon kuliner Desa.

Namun tahukah Anda, bahan baku dodol yang terkandung di dalam setiap balutan brownies tersebut diperoleh dari mana?

Jika Anda penasaran, TribunnewsBogor.com, mencoba menjelaskan terkait bahan dodol yang terkandung disetiap produk B'dol.

Jadi, bahan baku B'dol itu rupanya didapatkan langsung oleh Julia dari produsen dodol legendaris asli Desa Bojonggede yang bernama Dodol Bojong Indira'f.

Pemilik Dodol Bojong Indira'f, Agus Sulaiman mengatakan bahwa sinergitas bisnis tersebut terjadi lantaran dirinya dengan Julia berada dalam satu wadah yang sama yakni tergabung di dalam UKM Desa Bojonggede.

Pada saat itu, Agus membeberkan bahwa seluruh elemen yang tergabung dalam UKM Desa Bojonggede, mendorong dirinya dan Julia untuk berkolaborasi dalam menjalankan bisnis.

Agus dengan dodol yang memiliki cita rasa tersendiri dengan Julia yang lihai membuat brownies.

"Nah ini awalnya karena kami satu grup UKM, kemudian ada teman menyarankan coba bikin Brownies Dodol, nah dia yang pertama itu memproduksi Brownies Dodol. Jadi awalnya B'dol itu bikinnya keras dan dipanggang kecil-kecil. Untuk makannya dicampur dengan susu. Tapi saya kurang setuju," ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Yudistira Wanne
Editor: Damanhuri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved