Breaking News:

Calon Kepala Desa Harus 5 orang, Ini Penjelasan Sekda Kabupaten Bogor

Ketua Pilkades tingkat Kabupaten menyikapi tegas terkait sedikit permasalahan yang terjadi di Panitia Pilkades tingkat Kecamatan Bojonggede.

TribunnewsBogor.com/Yudistira Wanne
Sekda Kabupaten Bogor, Burhanudin saat memberikan keterangan kepada awak media tentan Pilkades serentak 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Yudistira Wanne

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, CIBINONG - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor, Burhanudin membeberkan tahapan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) yang sudah ditentukan melalui Peraturan Daerah dan Peraturan Bupati.

Ketua Pilkades tingkat Kabupaten tersebut menyikapi dengan tegas terkait sedikit permasalahan yang terjadi di Panitia Pilkades tingkat Kecamatan Bojonggede.

Pada Pilkades serentak yang diselenggarakan 20 Desember mendatang, Kecamatan Bojonggede mencatat ada tiga desa di wilayahnya yang melakukan pesta demokrasi tingkat desa tersebut.

Tiga Desa yang dimaksud adalah Desa Bojonggede, Desa Rawa Panjang dan Desa Waringin Jaya.

Desa Bojonggede dan Desa Waringin Jaya masing-masing terdapat 3 Cakades. Sedangkan untuk Desa Rawa Panjang terdapat 7 yang mendaftar sebagai Bakal Calon Kepala Desa.

Mengacu pada Peraturan Bupati No 6 tahun 2020 tentang tata cara pemilihan, pengangkatan dan pemberhentian kepala desa, maka dilakukan seleksi terhadap ketujuh calon tersebut.

Dua orang harus tereliminasi dalam bursa calon kepala desa Rawa Panjang hingga menjadi  5 orang. 

Perbup poin No 47 menyebutkan, seleksi tambahan dilakukan panitia pemilihan kepala desa tingkat desa atau panitia pemilihan kepala desa tingkat kecamatan terhadap bakal calon kepala desa apabila jumlah bakal calon kepala desa lebih dari 5 (lima) orang.

Untuk menciptakan suasana demokrasi yang sudah ditentukan, maka diselenggarakan tahap seleksi di Kecamatan Bojonggede, Kabupaten Bogor, Sabtu (7/11/2020) lalu.

Halaman
12
Penulis: Yudistira Wanne
Editor: Mohamad Afkar Sarvika
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved