Breaking News:

Tutup Sejurba Air Traffic Controller, Danwingdikum Jelaskan Peran Personel Pengatur Lalin Udara

Untuk itu lanjutnya bahwa dalam menjalankan tugasnya, personel PLLU dituntut ketelitian, kecermatan dan kecepatan serta ketepatan dalam mengatur

Penulis: Lingga Arvian Nugroho | Editor: Vivi Febrianti
Dokumentasi Wingdikum Bogor
Penutupan pendidikan Sekolah Kejuruan Bintara (Sejurba) Pengatur Lalu Lintas Udara (PLLU) A-31 di Skadik 503 Wingdikum, Bogor. 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Lingga Arvian Nugroho

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR BARAT - Danwingdikum Kolonel Sus Peni Saptaning, menutup pendidikan Sekolah Kejuruan Bintara ( Sejurba) Pengatur Lalu Lintas Udara (PLLU) A-31 di Skadik 503 Wingdikum, Bogor.

Dalam sambutan Danwingdikum Kolonel Sus Peni Saptaning yang disampaikan oleh Kasiops Skadik 503 Mayor Adm A. Wahyudi menjelaskan tentang pentingnya peran peranan personel Pengatur Lalu Lintas Udara (PLLU) atau Air Traffic Controller (ATC) dalam dunia penerbangan baik penerbangan militer maupun sipil yang merupakan salah satu bagian penting di dunia penerbangan.

Danwingdikum Kolonel Sus Peni Saptaning mengingatkan, dalam setiap kegiatan utamanya di skadik maupun dilingkungan masyarakat  harus tetap mematuhi protokol kesehatan guna memutus rantai penyebaran virus  covid-19 yang melanda negeri ini.

Mengenai profesi pengatur lalu lintas udara Kolonel Sus Peni Saptaning mengatakan bahwa itu merupakan profesi yang memberikan layanan terhadap lalu lintas penerbangan pesawat udara yang telah ditentukan, dengan jalur-jalur penerbangan (airways) dan sama sekali tidak diperkenankan menyimpang dari jalur penerbangan.

"Hal ini, merupakan untuk efisiensi serta membantu kelancaran arus lalu lintas penerbangan, Personel ATC adalah rekan kerja terdekat pilot selama di udara, karena itu peran ATC sangat besar dalam mencapai tujuan keselamatan penerbangan," jelasnya dari keterangan yang diterima TribunnewsBogor.com.

Untuk itu lanjutnya bahwa dalam menjalankan tugasnya, personel PLLU dituntut ketelitian, kecermatan dan kecepatan serta ketepatan dalam mengatur dan memberikan informasi lalu lintas pesawat terbang.

"Itu dilakukan baik pada saat take off dan landing, sehingga dalam pelaksanaan operasi penerbangan dapat berjalan dengan baik, lancar dan aman, paparnya," ujarnya.

Dengan bekal ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah diperoleh selama mengikuti pendidikan ini, para lulusan diharapkan mampu melaksanakan tugas sesuai dengan profesi yang dimiliki.

"Selamat dan sukses kepada seluruh siswa lulusan Sejurba PLLU Angkatan ke- 31 yang telah menyelesaikan Pendidikan, dan juga kepada Serda Aji Kartiko Dewantoro  yang telah berhasil memperoleh predikat sebagai siswa yang terbaik," ujarnya.

Ia juga memberikan pesan agar jangan merasa cepat berpuas diri apa yang kamu raih saat ini.

"Tetap semangat untuk selalu belajar dan  tingkatkan ilmu pengetahuan guna keberhasilan dalam setiap pelaksanaan tugas," ujarnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved