Breaking News:

Jadi Tren Saat Pendemi, Kementrian Perindustrian Dorong Penguatan IKM dalam Industri Sepeda di Bogor

Kementrian Perindustrian (Kemenperin) Republik Indonesia memfasilitasi Industri Kecil dan Menengah (IKM

TribunnewsBogor.com/Naufal Fauzy
Kementrian Perindustrian (Kemenperin) Republik Indonesia memfasilitasi Industri Kecil dan Menengah (IKM) bermitra dengan industri sepeda PT. Terang Dunia Internusa yang memproduksi sepeda United Bike di Citeureup, Kabupaten Bogor, Kamis (3/12/2020). 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Naufal Fauzy

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, CITEUREUP - Kementrian Perindustrian (Kemenperin) Republik Indonesia memfasilitasi Industri Kecil dan Menengah (IKM) bermitra dengan industri sepeda PT. Terang Dunia Internusa yang memproduksi sepeda United Bike di Citeureup, Kabupaten Bogor.

Hal ini dilakukan untuk penguatan peran IKM alat angkut dan industri sepeda sekaligus peningkatan produksi komponen sepeda dalam negeri.

Penandatanganan MOU dan MOA dilakukan antara PT. Terang Dunia Internusa (United Bike) yang diwakili oleh Henry Mulyadi selaku Direktur United Bike dengan IKM PT. Laksana Tekhnik Makmur sebagai langkah awal terciptanya sinergi antar pelaku industri lokal yang saling menopang.

Direktur Jenderal Industri Kecil dan Menengah Kemenperin RI Gati Wibawaningsih mengatakan IKM sebagai binaannya memang biasa difasilitasi demi penguatan IKM itu sendiri.

"Nah melihat tren pandemi ini, ternyata kan makin meningkat, kita ikutan. Pasti kan yang namanya kebutuhan komponen pasti banyak. Setelah melakukan evaluasi, penelitian, banyak ternyata yang bisa bikin komponen sepeda. Dengan masa pandemi ini, suply komponen sepeda akan lebih fokus lagi," kata Gati Wibawaningsih kepada wartawan, Kamis (3/12/2020).

IKM tersebut, kata Gati, secara bertahap akan memasok komponen seperti jari-jari sepeda, keranjang, sadel dan yang lainnya.

Sejauh ini, industri sepeda United Bike yang berlokasi di Citeureup, Kabupaten Bogor ini memiliki tingkat komponen dalam negeri (TKDN) sebesar 60 persen.

"Jadi sebenarnya kalau ada kerja sama dengan IKM ini, (TKDN) bisa semakin meningkat," kata Gati.

Direktur United Bike Henry Mulyadi menambahkan bahwa kerja sama ini terjalin dalam FGD (Forum Group Discussion) pasca kunjungan Menperin Agus Gumiwang ke pabrik United Bike beberapa waktu lalu.

"Kami sangat mengapresiasi Kementerian Perindustrian Republik Indonesia atas kepeduliannya terhadap IKM yang terdampak pandemi Covid-19, sehingga mampu menginisiasi dan melahirkan sebuah program yang berdampak positif bagi perkembangan dan kemajuan industri di negara ini," ungkapnya.

Penulis: Naufal Fauzy
Editor: Damanhuri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved