Breaking News:

Menurut Penelitian Pria Lebih Rentan Terinfeksi Virus Corona, Ini Alasannya

Sejak pandemi Covid-19, para pria disebut memiliki risiko lebih tinggi terinfeksi Covid-19.

Vektor Kunst/Pixabay
Ilustrasi virus corona atau Covid-19 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Sejak pandemi Covid-19, para pria disebut memiliki risiko lebih tinggi terinfeksi Covid-19.

Bahkan, cenderung lebih parah dan lebih mungkin untuk meninggal akibat virus corona.

Berbagai bukti muncul, mulai dari biologi hingga perilaku, seperti kebiasaan pria merokok yang meningkatkan risiko infeksi virus corona lebih parah.

Namun kini, para peneliti semakin menemukan banyak bukti yang menunjukkan bahwa hormon seks berpengaruh, bahkan menjadi faktor utama.

Sebuah studi baru menunjukkan, hormon seks atau steroid reproduksi wanita, seperti estrogen dan progesteron, kemungkinan memiliki peran perlindungan terhadap virus corona melalui sifat anti inflamasi dan efeknya pada sistem kekebalan tubuh.

Penjelasan tersebut mengungkap mengapa pria lebih banyak terinfeksi Covid-19 ketimbang wanita.

Melansir IFL Science, studi yang telah diterbitkan dalam jurnal Trends in Endocrinology & Metabolism ini juga mendukung laporan yang menunjukkan, wanita hamil jauh lebih kecil kemungkinannya untuk meninggal karena Covid-19 daripada karena infeksi lainnya.

Graziano Pinna, profesor penelitian psikiatri di University of Illinois di Chicago mengungkap temuan tersebut saat memerhatikan para wanita hamil yang tidak memiliki gejala Covid-19, tiba-tiba mengalami gejala parah segera setelah melahirkan bayinya.

Rupanya hal tersebut terjadi, karena setelah melahirkan, produksi estradiol, progesteron, dan allopregnanolone akan menurun tajam.

“Hormon yang membantu memertahankan kehamilan - seperti progesteron - 100 kali lebih terkonsentrasi pada trimester ketiga kehamilan. Estradiol, allopregnanolone, dan progesteron semuanya memiliki fungsi anti inflamasi yang penting dan terlibat dalam pengaturan ulang sistem kekebalan,” kata Pinna.

Halaman
12
Editor: Vivi Febrianti
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved