Breaking News:

Info Kesehatan

Cara Mengobati Wasir Secara Alami, Ikuti 4 Langkah Mudah Ini

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi rasa sakit wasir. Berikut empat cara alami yang bisa dilakukan

hellosehat.com
ilustrasi penderita wasir 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Wasir adalah pembengkakan pembuluh darah di anus dan rektum. Gejalanya dapat berupa nyeri, gatal, pendarahan rektal, dan bahkan terasa kesuliatan saat duduk.

Wasir bisa bersifat internal atau eksternal. Wasir internal berkembang di dalam anus atau rektum. Sedangkan wasir eksternal berkembang di luar anus. Wasir eksternal ini adalah yang paling umum dan paling mengganggu.

“Pertama, sadari bahwa wasir biasanya tidak sakit, tapi bisa berdarah tanpa rasa sakit, kata ahli bedah kolorektal Massarat Zutshi, MD.

Melansir Health Cleveland Clinic, (19/7/2020), jika terasa sakit, wasir mungkin telah pindah ke luar saluran anus (atau prolaps) selama buang air besar dan menjadi membesar.

Baca juga: Cara Mengobati Sakit Gigi yang Ampuh, Bisa Coba Pakai Sederet Bahan Alami Ini

Selain itu, jika wasir mengalami pembekuan darah (atau menjadi trombosis), bisa menjadi sangat menyakitkan.

Tapi, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi rasa sakit wasir. Berikut empat cara mengobati wasir secara alami yang bisa dilakukan:

1. Duduk berendam di Air Hangat

Umumnya, para ahli merekomendasikan penderita wasir untuk mengatasi nyeri dengan duduk di bak mandi berisi air hangat selama 15 menit, beberapa kali sehari - terutama setelah buang air besar.

Perawatan ini bisa dikatakan salah satu perawatan terbaik. Apotek biasanya menjual baskom kecil yang pas untuk diletakan di atas toilet, sehingga Anda bisa merendam bagian anus dengan nyaman.

2. Psyllium Husk

Halaman
123
Editor: Tsaniyah Faidah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved