Breaking News:

Terpilih Jadi Ketua LPM, Dahlan Laode Siap Membangun Curug Mekar

- Kelurahan Curugmekar sukses melakukan pemilihan ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) masa bakti 2020-2025

Penulis: Lingga Arvian Nugroho | Editor: Damanhuri
istimewa
Kelurahan Curugmekar sukses melakukan pemilihan ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) masa bakti 2020-2025 di aula kantor Kelurahan Curugmekar, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Kelurahan Curugmekar sukses melakukan pemilihan ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) masa bakti 2020-2025 di aula kantor Kelurahan Curugmekar, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, Minggu (13/12/2020) siang.

Dari tiga kandidat yang bersaing, terpilihlah Dahlan Laode sebagai ketua LPM baru lima tahun kedepan.

Ketua Panitia Pemilihan, Khairul Anam mengatakan, meskipun dilakukan dalam suasana pandemi, pemilihan mampu berjalan baik bahkan dengan tingkat partisipasi yang tinggi. Dari 101 hak suara, ada 97 orang yang menyalurkan hak suaranya.

Tak cuma itu, sambung dia, protokol kesehatan tetap diterapkan tidak hanya pada saat pemilihan, tapi juga sejak rapat awal panitia pemilihan.

"Dengan suasana pandemi, dengan waktu yang singkat dan sejak awal, panitia diberikan tugas dan terlaksana dengan baik. Termasuk tingkat partisipasi tinggi, sekitar 97 persen. Artinya ada kesuksesan demokrasi di (Kelurahan) Curugmekar," katanya kepada awak media, Minggu (13/12).

Selain itu, pemilihan juga dilakukan dengan persaingan sehat dan fair. Sehingga peserta yang tidak menang pun mampu legawa karena sejak awal komitmen bersama membangun wilayah. Setelah ini, kata dia, berita acara akan diserahkan ke Kecamatan Bogor Barat oleh kelurahan, untuk segera dilakukan pelantikan.

"Peserta bersaing dengan sehat dan fair karena berfikir untuk curugmekar. Berdasarkan penghitungan sudah kita tetapkan, itu yang nanti kita sampaikan ke kecamatan melalui lurah. Protokol kesehatan Nggak hanya saat pemilihan, tapi sejak rapat awal pun itu diterapkan," tukasnya.

Sementara itu, Lurah Curugmekar Muhidin bersyukur dan berterimakasih kepada panitia yang sukses menggelar pemilihan ketua LPM baru. Meskipun berjibaku dengan situasi pandemI, mampu dilakukan dengan demokratis dan tingkat partisipasi yang tinggi. Ia menambahkan, kelurahan pun menjaga netralitas dan tidak memihak pada calon tertentu.

"Itu boleh ditanyakan kepada peserta. Harapannya, kedepan Curugmekar bisa lebih berkembang, ketika nanti ketua baru dilantik, dapat sinergi dengan pemerintah, dengan kelurahan. Membangun Curugmekar lebih baik," ujarnya.

Di tempat yang sama, Ketua LPM Curugmekar terpilih periode 2020-2025, Dahlan Laode menuturkan, pihaknya akan mempertahankan prestasi yang sudah diraih dan memperbaiki yang masih kurang. Seperti keterbukaan pelayanan pemerintah buat masyarakat.

Selain itu, ia juga berencana membuat Lembaga Bantuan Hukum (LBH) di Kelurahan Curugmekar, agar bisa mengedukasi masyarakat dan lebih melek hukum.

Dahlan melihat, masih terjadi kasus-kasus hukum pada masyarakat, namun banyak yang belum paham tentang dunia hukum.

"Tujuan kita bersama bangun Curugmekar lebih baik, meningkatkan sinergi bareng pemerintah juga. Saya juga ingin inisiasi membuat LBH, karena saya lihat masih banyak yang belum melek hukum. Ini kedepan untuk jangka pendek, akan dibuat kepengurusan. Lalu dilanjut dengan kegiatan edukasi hukum dan lainnya," tutupnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved