Breaking News:

Perluas Pasar Produk, Puluhan UMKM Ikuti Pelatihan Sertifikasi Halal

Puluhan UMKM Kota Bogor mengikuti kegiatan sosialisasi sertifikasi halal di Hotel Asana Grand Pangrango Bogor.

TribunnewsBogor.com/Lingga Arvian Nugroho
Puluhan UMKM Kota Bogor mengikuti kegiatan sosialisasi sertifikasi halal di Hotel Asana Grand Pangrango Bogor, Jalan Raya Padjajaran, Kecamatan Bogor Tengah, Jumat (18/12/2020). 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Lingga Arvian Nugroho

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR TENGAH - Puluhan UMKM Kota Bogor mengikuti kegiatan sosialisasi sertifikasi halal di Hotel Asana Grand Pangrango Bogor, Jalan Raya Padjajaran, Kecamatan Bogor Tengah, Jumat (18/12/2020).

Kegiatan yang diadakan oleh BPC Hipmi Kota Bogor bersama Dinas Koperasi (Diskop) UKM Kota Bogor sebagai upaya untuk memperluas pasar produk UMKM.

Kadiskop UKM Kota Bogor, Samson Purba mengatakan dengan pelatihan ini nantinya pada pelaku UMKM bisa meningkatkan penjualan.

"Dalam hal ini telah terbuka peluang bagi UKM, bagaimana kita meningkatkan penjualannya, sekarang para UKM ini marketnya masih di Kota Bogor, nah, kedepan diharapkan marketnya ini bisa keluar kota bahkan mancanegara," ucapnya.

Untuk bisa diterima di pasar nasional dan internasional setiap produk harus memenuhi berbagai persyaratan dan memiliki berbagai izin.

Diantaranya adalah sertifikasi halal, izin Produk Industri Rumah Tangga (PIRT) dan lainnya.

"Melalui kegiatan ini, output nya secara legalitas mereka harus mempunyai Nomor Induk Berusaha (NIB), UKM, NPWP dan itu semua harus selesai supaya setelah mengikuti kegiatan mereka sudah mengantongi ketiga berkas tersebut," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Hipmi Kota Bogor, A. Zulfikar Priyatna menuturkan bahwa kegiatan ini diikuti sekitar 80 pelaku UMKM.

Saat ini kata Zulfikar jika pasar halal industri ekonomi syariah nilainya kurang lebih sekitar 250 miliar dollar dengan investasi tiap tahun mencapai Rp1 miliar dollar.

Sedangkan untuk konsumsi atau makanan, industri halal nilainya 170 miliar dollar bahkan terus bertumbuh.

Menurut Zulfikar, kedepan perdagangan luar negeri akan mulai aktif kembali.

"Sekarang saja permintaan produk sudah meningkat dan mulai pulih, Hipmi memang sudah menjalin kerjasama dengan Diskop UKM Kota Bogor di beberapa kegiatan dan kita apresiasi Karena antusiasmenya cukup besar dan pro aktif dibawah pimpinan kadis yang sekarang," katanya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved