Breaking News:

Hasil Survey Kepuasan Pelanggan Perumda Tirta Pakuan, IPB: Secara Umum Puas Tapi Harus Diperbaiki

Ia juga menjelaskan, pada pelayanan produk, terdapat tiga unsur yang menjadi prioritas utama dalam perbaikan kinerja pelayanan produk.

Editor: Vivi Febrianti
TribunnewsBogor.com/Lingga Arvian Nugroho
Kantor PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM — Sekolah Bisnis IPB membuat survey kepuasan pelanggan Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor Tahun 2020.

Tim peneliti Sekolah Bisnis IPB Fitriyah Shalihati menuturkan, berdasarkan hasil survey ditemukan bahwa Indeks Kepuasan Pelanggan (IKP) untuk pelayanan produk memiliki nilai 73% dan masuk ke dalam kategori Puas.

Kemdiian IKP untuk pelayanan jasa memiliki nilai 70% dan masuk ke dalam kategori puas.

“IKP pelayanan produk tertinggi sebesar 78% yang masuk kategori puas berada pada Zona 2, sedangkan IKP pelayanan produk terendah, berada dalam kategori cukup puas adalah sebesar 62% dan berada di Zona 6,” kata dia saat zoom meeting, Jumat (18/12/2020).

Kemudian IKP pelayanan jasa tertinggi sebesar 70% yang masuk ke dalam kategori puas dan berada pada Zona 4, sedangkan IKP pelayanan jasa terendah dan berada dalam kategori cukup puas adalah sebesar 62% dan berada di Zona 5 dan Zona 6.

“Secara umum, pelanggan Perumda Tirta Pakuan sudah merasa puas dengan kinerja pelayanan produk maupun jasa yang ditawarkan. Namun, masih terdapat hal-hal yang harus segera ditindaklanjuti sehingga di tahun berikutnya kinerjanya dapat meningkat,” beber Fitriyah Shalihati.

Ia juga menjelaskan, pada pelayanan produk, terdapat tiga unsur yang menjadi prioritas utama dalam perbaikan kinerja pelayanan produk.

“Ketiga unsur itu meliputi unsur kualitas pengaliran air pada musim kemarau, unsur kualitas pengaliran air pada musim penghujan, dan unsur kualitas air terkait kejernihan,” katanya.

Sementara itu, pada pelayanan jasa terdapat empat unsur yang menjadi prioritas meliputi unsur penyelesaian pengaduan, unsur keadilan mendapatkan pelayanan, unsur kemampuan

Ia juga menjelaskan tujuan diadakannya survey ini yakni untuk melakukan profiling atau identifikasi karaktaristik dan perilaku pelanggan Perumda Tirta Pakuan.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved