Breaking News:

Malam Tahun Baru 2021 Sepi, DLH Bogor Klaim Volume Sampah Tak Separah Tahun Lalu

Momentum malam pergantian tahun baru dari 2020 ke 2021 di Kota Bogor sangat berbeda pada tahun sebelumnya.

TribunnewsBogor.com/Lingga Arvian Nugroho
ILUSTRASI -- Sampah menumpuk di jembatan MA Salmun, Bogor Tengah 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Lingga Arvian Nugroho

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR TENGAH - Momentum malam pergantian tahun baru dari 2020 ke 2021 di Kota Bogor sangat berbeda pada tahun sebelumnya.

Toko-toko, mal, restoran, cafe, mini market tutup lebih awal sesuai aturan kebijakan yang dikeluarkan oleh Pemerintah Kota dengan pembatasan hanya sampai pukul 19.00 WIB.

Ruas jalan di pusat Kota Bogor dan beberapa lokasi yang biasanya menjadi titik kumpul warga untuk melewati momentum perayaan tahun baru pun sepi.

Bahkan jika ada kerumunan masa perugas gabungan pun langsung bertindak memberikan imbauan agar warga membubarkan diri.

Kondisi itu rupanya berimbas positif pada produksi sampah dari kerumunan warga yang merayakaan malam pergantian tahun di pusat kota.

Jika pada tahun sebelumnya volume sampah cukup banyak namun pada malam pergantian tahun di masa pandemi Covid-19 ini jauh berkurang.

Kepala Bidang Persampahan DLH Kota Bogor Dimas Tiko mengatakan bahwa ada perbedaan produksi sampah di tempat umum saat libur Natal dan malam pergantian tahun.

"Berbeda dengan tahun sebelumnya, sangat jauh berkurang,"ujarnya, Jumat (1/1/2021).

Kepala Seksi (Kasi) Penyapuan DLH Kota Bogor, Hendra menngatakan pengurangan volume sampah saat malam Natal dan Tahun Baru terjadi di Sekitar Tugu Kujang, Lawang Salapan dan Air Mancur Jalan Jenderal Sudirman.

"Volume sampah nya tidak seperti tahun lalu di karena kondisi saat tidak terlalu banyak masyarakat yang melaksanakan aktivitas tahun baru d jalan seiring pemberlakuan PSBB dan surat edaran Wali kota Bogor di massa pandemi Covid-19," ujarnya.

Namun meski demikian pihaknya tetap melakukan antisipasi jika terjadi penumpukan sampah dengan mengerahkan ratusan personel pasukan kuning.

"Iya tadi malam personel tetap bertugas,   terkait kekuatan personil di malam natal dan tahun baru itu sekitar 600 petugas pasukan kuning yang bertugas, dan ada enam kendaraan pickup kemudian 12 motor pickup pengangkut sampah," ujarnya.

Penulis: Lingga Arvian Nugroho
Editor: Damanhuri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved