Breaking News:

Pemkot Bogor Buat Wacana Pembangunan Pasar Wisata Kuliner di Kawasan Bogor Utara

Pemerintah Kota Bogor membuat wacana untuk membangun pasar wisata kuliner di wilayah Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor.

TribunnewsBogor.com/Lingga Arvian Nugroho
Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Lingga Arvian Nugroho

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR TENGAH - Pemerintah Kota Bogor membuat wacana untuk membangun pasar wisata kuliner di wilayah Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor.

Wacana tersebut saat ini masih dalam pembahasan lintas instansi di lingkungan Pemetintah Kota Bogor yang dihadiri oleh Kadisperdagin, Kadisparbud, Kadiskop UKM, Keala Bappeda, Ka. BKAD dan Dirut Perumda Pasar Pakuan Jaya di Balaikota Bogor, Senin (4/12/2020).

Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim mengatakan bahwa wacana pembuatan pasar wisata kuliner merupakan keinginan Pemerintah Kota Bogor untuk menata wilayah Kelurahan Ciparigi, Kecamatan Bogor Utara khususnya di Villa Bogor Indah.

"Salah satu yang menjadi pemikiran kita adalah membuat satu sentra kuliner yang ada di kawasan situ Andalena," ujarnya.

Selain itu juga rencana pembangunan pasar wisata kuliner juga untuk menata Pedagang Kaki Lima dan menata ulang aset milik Pemerintah Kota Bogor agar bisa berfungsi lebih baik.

Terkait anggaran Dedie mengatakan saat ini pihaknya akan mencoba melakukan pengajuan ke pemerintah pusat.

"Kita dengan rencana itu kita mendapatkan tawaran dari kementerian perdagangan untuk program perbantuan dari Kementerian Perdagangan Indonesia peruntukannya nanti untuk membangun kawasan pasar kuliner untuk menata PKL disana Insya Allah kita akan mendapat bantuan dari pemerintah pusat dalam tugas perbantuan Kementerian Perdagangan," ujarnya.

Untuk mewujudkan itu kata Dedie perlu ada persiapan yang komperhensif.

Dilokasi yang sama Kepala Dinas Perdagangan Dan Perindustrian Ganjar Gunawan mengatakan bahwa program yang digelontorkan dari pemerintah pusat ke daerah adalah dalam rangka pemulihan ekonomi nasional.

Saat ini beberapa kementerian menginisiasi untuk membangkitkan destinasi wisata.

"Iya karena memang ini judulnya ada keterkaitannya dengan kementerian perdangan makanya kita mencoba untuk mematangkan planing Kota Bogor mau seperti apa ya nanti kita akan soundingkan dengan kementerian di pusat," ujarnya.

Saat ini kata Ganjar lintas intanasi di lingkungan pemerintah Kota Bogor masih mempersiapkan untuk mematangkan rencana pembangunan pasar wisata kuliner.

"Jadi ini masih tahap awal tapi kita mengawali tahun 2021 kita harus bergerak cepat ya untuk segera menyusun strategi," ujarnya.

Penulis: Lingga Arvian Nugroho
Editor: Vivi Febrianti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved