Breaking News:

Warga MBR Ubah Lahan Gunungan Sampah Jadi Sistem Pertanian Terintegrasi Kampung Ramah Lingkungan

Kemauan dan ketekunan dari pengurus Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) di Tempat Pengolahan Sampah Reduce-Reuse-Recycle (TPS3R)

istimewa
Ketua KWT Berkah MBR Katulampa Kasiyati sedang memanen sayuran di lahan TPS3R dan TPST di Kampung Ramah Lingkungan MBR. 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Lingga Arvian Nugroho

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR TIMUR - Kemauan dan ketekunan dari pengurus Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) di Tempat Pengolahan Sampah Reduce-Reuse-Recycle (TPS3R) Mutiara Bogor Raya (MBR) berbuah hasil.

TPS3R MBR yang sudah ada sejak tahun 2010 ini bertranformasi di tahun 2016 hingga tahun 2017 untuk membenahi struktur tugas dan fungsi pengurus dan anggota untuk menjalankan TPST.

Alhasil TPS3R yang di tahun 2010 tak berjalan maksimal kini dikebut untuk bisa menghasilkan sesuatu yang bisa bermanfaat bagi perbaikan lingkungan

Dari semangat membenahi lingkungan itulah kemudian kawasan TPST terus berkembang hingga pada prosesnya menjadi sistem pertanian teritegrasi berbasis bebas sampah.

Diketuai oleh Ketua Pengelola TPST MBR Bandung Sahari warga, anggota dan pengurus mulai membenahi lahan Fasilitas Umum (Fasum) seluas sekitar 1200 M2 yang dipenuhi oleh gunungan sampah menjadi TPST.

Sampah-sampah rumah tangga mulai dari sampah organik dan anorganik mulai dibersihkan dan dipilah.

"Tanah yang kita injak sekarang ini awalnya adalah gunungan sampah, mulai dari spring bed, plastik-plastik, pampers dan lainya semua ada disini, kemudian sejak beberapa tahun lalu mulai dibenahi dengan gotong-royong," Kata Sulistyawati Pengawas TPS3R MBR saat ditemui TribunnewsBogor.com di lokasi.

Pemilahan sampah dilakukan untuk mengelompokan antara sampah yang bisa diolah, didaurulang dan sampah yang dibuang ke TPA.

Untuk sampah organik seperti sisa makanan dipilah untuk selanjutnya diurai dengan menggunakan larva lalat BSF.

Halaman
1234
Penulis: Lingga Arvian Nugroho
Editor: Damanhuri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved