Breaking News:

Sebulan Ini, Konsumsi Premium di Bogor dan Depok Mulai Berkurang

Secara rinci, di Kota Bogor pada Senin (4/1/2021) tercatat konsumsi BBM Premium turun hingga 49 persen atau sekitar 31 KL dari konsumsi normal harian

TribunnewsBogor.com/Damanhuri
Ilustrasi 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- PT Pertamina (Persero) mencatat konsumsi bahan bakar minyak ( BBM) beroktan 90 ke atas di wilayah Kota Bogor, Depok, dan Sukabumi alami peningkatan singifikan selama Porgram Langit Biru (PLB).

Unit Manager Communication, Relations & CSR Regional Jawa Bagian Barat, Eko Kristiawan mengatakan, capaian ini seiring dengan penurunan konsumsi BBM jenis Premium (RON) selama dua bulan terakhir atau 6 November 2020 hingga 4 Januari 2021 di titik terkait.

"Ini merupakan bentuk kepedulian masyarakat dalam menggunakan BBM dengan angka oktan tinggi untuk menerapkan penggunaan energi yang lebih bersih guna meningkatkan kualitas udara dan lingkungan," katanya di keterangan tertulis, Jumat (8/1/2021).

Secara rinci, di Kota Bogor pada Senin (4/1/2021) tercatat konsumsi BBM Premium turun hingga 49 persen atau sekitar 31 KL dari konsumsi normal harian yaitu 64 KL.

Sama halnya dengan Kota Depok yang alami penurunan sampai 75 persen atau lebih dari 80 KL dari konsumsi normal hariannya, yakni 116 KL.

Sedangkan di Kota Sukabumi, penurunan konsumsi Premium turun 55 persen dari konsumsi harian normal yakni 26 KL.

Eko menjelaskan, Pertamina mencatat peningkatan konsumsi BBM jenis Perta Series di Kota Bogor dan Depok. Adapun BBM jenis Pertalite di Kota Bogor dan Depok meningkat hingga sekitar 7 persen dari konsumsi normal harian yaitu lebih dari 600 KL.

Sedangkan konsumsi Pertamax (RON 92) meningkat 9 persen dari konsumsi harian normal sekitar lebih dari 200 KL.

Untuk produk Pertamax Turbo (RON 98) turut mengalami peningkatan sebesar 35 persen dari konsumsi normal harian yaitu hampir 8 KL.

Sementara di Kota Sukabumi, angka konsumsi Pertamax pada periode sama turut memperlihatkan peningkatan sekitar 5 persen dari konsumsi harian normal yaitu lebih dari 20 KL.

"Sebagai wujud apresiasi itu, Pertamina melanjutkan Program Pertalite harga Khusus di wilayah terkait. Sehingga, konsumen bisa merasakan performa Pertalite dengan harga Rp 6.850 per liter," kata Eko.

Program Langit Biru sebagai bentuk komitmen terhadap pelestarian lingkungan, memperoleh dukungan dari masyarakat di Kota Bogor, Depok, dan Sukabumi.

Dengan semakin bertambahnya kesadaran dan kepedulian masyarakat akan penggunaan energi BBM bersih yang rendah emisi, diharapkan pelestarian lingkungan dapat sejalan dengan kembali pulihnya aktivitas kegiatan ekonomi masyarakat di wilayah Jawa Barat.

"Semoga kualitas lingkungan, khususnya udara di wilayah Jawa Barat semakin bersih seiring dengan peningkatan penggunaan BBM yang berkualitas dan rendah emisi," tutupnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Konsumsi Premium di Bogor dan Depok Mulai Berkurang"

Editor: Vivi Febrianti
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved