Breaking News:

Antisipasi Longsor Susulan Kembali Tutup Jalur Puncak Bogor, BPBD Benahi Saluran Air di Riung Gunung

Sekretaris BPBD Kabupaten Bogor Budi Pranowo menjelaskan bahwa Jalan Raya Puncak bisa dilalui pada Senin (11/1/2021) pagi sekitar pukul 07.00 WIB pasc

Ist
Meterial longsor yang sempat menutup Jalan Raya Puncak, Cisarua, Kabupaten Bogor kini sudah dibersihkan, Senin (11/1/2021). 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Naufal Fauzy

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, CISARUA - Longsor yang terjadi di Riung Gunung, Cisarua, Puncak Bogor pada Minggu (10/1/2021) pukul 23.00 WIB malam sempat menutup Jalan Raya Puncak sekitar 7 jam lamanya.

Sekretaris BPBD Kabupaten Bogor Budi Pranowo menjelaskan bahwa Jalan Raya Puncak bisa dilalui pada Senin (11/1/2021) pagi sekitar pukul 07.00 WIB pasca tertutup longsor.

"Panjang jalan tertutup material longsoran sekitar sekitar 20 meter. Pukul 07.00 WIB, jalur tersebut saat sudah dibuka kembali," kata Budi Pranowo kepada wartawan, Senin (11/1/2021).

Dia menjelaskan bahwa longsor terjadi saat cuaca sedang tidak turun hujan deras.

Diduga karena adanya aliran air Cikamasan yang tersumbat di dekat tebingan longsor dengan ketinggian 50 meter dan lebar 15 meter tersebut.

"Waktu kejadian tidak terjadi hujan. Di atas area longsoran terdapat aliran air dan mata air tempat warga biasa mengambil air baku. Diduga aliran air tersumbat sehingga meluap," katanya.

Aliran air Cikamasan tersebut akhirnya dialihkan BPBD sebagai antisipasi longsor susulan."Sebab mata air aliran Cikamasan yang mengalir ke area longsoran dikhawatirkan menyebabkan longsor susulan," pungkasnya.

Penulis: Naufal Fauzy
Editor: Ardhi Sanjaya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved