Breaking News:

Pakar Olahraga Bogor Sebut Grand Design Keolahragaan Nasional yang Disusun Kemenpora Cukup Potensial

Yadi mengatakan, Grand Design Keolahragaan Nasional akan punya peran penting dalam merancang tata kelola keolahragaan nasional.

Ist
Dinas Pemuda dan Olahraga ( Dispora) Jawa Barat tidak main-main untuk mencetak atlet potensial dari semua cabang olahraga yang menjadi binaan Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP) Jawa Barat. 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Yudistira Wanne

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, CIBINONG - Guna meningatkan prestasi olahraga secara nasional, sudah sepatutnya Indonesia memiliki Grand Design Keolahragaan Nasional, itu hal yang diucapkan pakar olahraga Bogor, Yadi Mulyadi.

Yadi mengatakan, Grand Design Keolahragaan Nasional akan punya peran penting dalam merancang tata kelola keolahragaan nasional serta hasil atau prestasi yang akan dicapai.

Lanjut Yadi, konsep dasarnya memang harus memiliki Grand Design Keolahragaan Nasional agar jelas arah kebijakan pembangunan bidang olahraga dari hulu sampai kehilir, pemasalan, pembinaan sampai kepada prestasi atlet elite yang pada akhirnya akan berujung kepada harkat dan martabat bangsa.

“Karena selama ini memang tidak jelas arah kebijakan olahraga kita sehingga banyak regulasi cabor yang  masih carut marut,” ujarnya.

Sementara itu, ketika sudah ada Grand Design maka akan nampak pola yang akan digunakan termasuk di dalamnya mengenai cabor unggulan atau cabor prioritas.

Sebelumnya , Kementerian Pemuda dan Olahraga ( Kemenpora) hampir menyelesaikan penyusunan Grand Design Keolahragaan Nasional setelah melakukan uji publik terakhir bersama pakar, akademisi, dan stakeholder olahraga di Surabaya, 9-11 Januari 2021.

 “Uji publik yang kita lakukan hari ini adalah etape terakhir, setelah dilakukan di beberapa perguruan tinggi lainnya. Kita inginkan apa yang kita hasilkan ini benar-benar sesuai dengan arahan bapak Presiden Jokowi. Kita ingin mereview total ekosistem pembinaan olahraga Indonesia," kata Menpora Zainudin Amali dalam siaran Pers.

Dia berharap hasil atau produk dari Grand Design nantinya dapat membenahi ekosistem olahraga Indonesia yang selama ini dinilainya belum terdesain sempurna, terutama dalam pembinaan atlet.

"Oleh karena itu, saya berharap forum uji publik yang telah berkali-kali digelar itu dapat memberikan masukan dalam penyusunan kebijakan grand design keolahragaan nasional sehingga Indonesia tak akan kesulitan lagi mencari atlet bertalenta di daerah," tandasnya.

Penulis: Yudistira Wanne
Editor: Vivi Febrianti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved