Breaking News:

Kawasan Suryakencana Dipercantik Ornamen

Dadan Hamdani mengatakan, dengan anggaran PEN, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor akan menata kembali kawasan Suryakencana.

Istimewa/Pemkot Bogor
Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor akan menata kembali kawasan Suryakencana. 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Mendapat bantuan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dari Pemerintah Pusat sebesar Rp 31 Miliar untuk peningkatan jalan kawasan Suryakencana, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor, Syarifah Sofiah melakukan peninjauan langsung ke sepuluh koridor yang akan dilakukan penataan.

"Kita kan sudah memproses pinjaman PEN Rp 31 Miliar. Saya ingin melihat desain dari Dinas PUPR untuk sepuluh koridor yang terdiri dari tujuh koridor sebelah kiri dan tiga koridor di sebelah kanan. Sehingga begitu administrasi selesai, April mendatang sudah mulai pengerjaan," ujar Syarifah usai peninjauan, Jumat (15/1/2021).

Kepala Bidang Pembangunan Kebinamargaan, Dinas PUPR Kota Bogor, Dadan Hamdani mengatakan, dengan anggaran PEN, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor akan menata kembali kawasan Suryakencana. Dalam hal ini yakni tujuh koridor dari mulai jalan Roda 1 sampai 7, jalan Pedati, jalan Lawang Saketeng, dan jalan Rangga Gading.

"Total pinjaman PEN Rp 31 Miliar, Rp 30 Miliar untuk fisik dan Rp 1 Miliar untuk pengawasan atau konsultan," ujar Dadan.

Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor akan menata kembali kawasan Suryakencana.
Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor akan menata kembali kawasan Suryakencana. (Istimewa/Pemkot Bogor)

Ia menuturkan, pihaknya menargetkan pelaksanaan lelang konsultan bisa dilakukan di akhir Januari dan Maret lelang fisik, sehingga April sudah bisa dimulai kegiatan penataan. Ia menjelaskan, nantinya jalan Pedati dan jalan Lawang Saketeng sebagian ruas menjadi pedestrian dan sebagian lagi jalan mobil. Sementara untuk jalan Rangga Gading berubah semua menjadi pedestrian.

"Untuk tujuh koridor di gang roda 1 sampai 7 akan dipasang ornamen-ornamen dengan tema berbeda yang akan memperindah koridor. Koridor satu temanya The Beginning Chinese Gate, koridor dua temanya The Chinese Village, koridor tiga temanya The Five Elements, koridor empat temanya The Paintings and The Wall, koridor lima temanya The Proverbs, kolidor enam temanya The Oriental Garden, dan koridor tujuh temanya The Suryakencana's History," katanya.

Diperkirakan proses pembangunan akan berlangsung tujuh sampai delapan bulan atau sampai November, mengingat terdapat unsur arsitektur di tujuh koridor yang pengerjaannya cukup lama.

"Sebelumnya memulai pekerjaan kami akan berkoordinasi dengan Dinas Koperasi dan UMKM, Gas, PLN, Telkom terkait PKL dan utilitas," kata Dadan. 

Editor: Mohamad Afkar Sarvika
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved