Breaking News:

Viral di Medsos

Viral Bentuk Awan Mirip Ombak di Langit Yogyakarta, Ini Kata BMKG Soal Fenomena yang Terjadi

Saat awan Arcus terbentuk dengan awan Cumulonimbus dan downdraft, hal itu biasanya dikaitkan dengan hujan lebat atau hujan es, kilat atau petir

FACEBOOK/JAMUS KALIMASADA
Tangkapan layar video yang menampilkan fenomena awan Arcus tampak di langit Bandar Udara Yogyakarta International Airport (YIA) di Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Sejumlah unggahan yang membagikan foto awan berbentuk mirip ombak di langit Bandara Yogyakarta International Airport (YIA), Kulon Progo, viral di media sosial.

Salah satu pengguna media sosial yang mengunggah fenomena tersebut adalah akun Facebook Wawan di grup Facebook Warga Sleman Sembada, Jumat (15/1/2021).

"Awan pagi tadi saat mendung gelap di atas Bandara NYIA Kulonprogo...semoga bukan tanda" yang tidak mengenakan, semoga ini hanya fenomena Alam biasa," tulis Wawan.

Hingga Sabtu (16/1/2021) siang, unggahan itu telah disukai lebih dar 280 kali dan mendapat komentar puluhan kali dari sesama warganet.

Fenomena itu juga diabadikan oleh akun Facebook Jamus Kalimasada.

"Fenomena Awan Memanjang Seperti Ular Di Bandara NYIA Kulonprogo Yogyakarta... Semoga Tidak Terjadi Apa-apa, Tetap Aman Terkendali," tulis Jamus.

Awan apa seperti yang terlihat pada sejumlah foto viral itu?

Tangkapan layar video yang menampilkan fenomena awan Arcus tampak di langit Bandar Udara Yogyakarta International Airport (YIA) di Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.
Tangkapan layar video yang menampilkan fenomena awan Arcus tampak di langit Bandar Udara Yogyakarta International Airport (YIA) di Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. (FACEBOOK/JAMUS KALIMASADA)

Baca juga: Banjir di Kalimantan Selatan Makin Meluas, Warga Sampai Menunggu di Loteng untuk Dievakuasi

Baca juga: Lantunan Sholawat Sambut Kedatangan Jenazah Habib Ali bin Abdurrahman Assegaf di Rumah Duka

Awan Arcus

Pihak otoritas Bandara YIA membenarkan video viral yang merekam awan gelap di atas langit bandara baru yang berada di pesisir pantai selatan itu.

Kepala Seksi Meteorologi Bandara YIA, Warjono mengatakan, awan menyerupai ombak itu disebut sebagai awan Arcus atau roll cloud.

Halaman
123
Editor: khairunnisa
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved