Breaking News:

Tak Hanya Markaz Syariah, PTPN VIII Juga Somasi Warga Puncak Yang Gunakan Lahan Gunung Mas

Mereka juga mendapat surat somasi terkait permasalahan lahan Hak Guna Usaha (HGU) tersebut.

Penulis: Naufal Fauzy | Editor: Damanhuri
TribunnewsBogor.com/Naufal Fauzy
Papan informasi lahan HGU milik PTPN VIII Gunung Mas di titik lokasi yang masih berjarak sekitar 6,5 KM dari lokasi Markaz Syariah di Megamendung, Kabupaten Bogor 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Naufal Fauzy

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, CIBINONG - Setelah Markaz Syariah disomasi PT Perkebunan Nusantara (PTPN) VIII Gunung Mas terkait permasalah lahan, sejumlah warga di sekitarnya kini juga bernasib sama.

Mereka juga mendapat surat somasi terkait permasalahan lahan Hak Guna Usaha (HGU) tersebut.

Seperti dalam salah satu surat yang beredar, salah satu warga di Desa Sukagalih, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor diminta untuk menyerahkan lahan yang dia gunakan kepada PTPN VIII selambat-lambatnya 7 hari sejak surat diterima.

Di sana disebutkan bahwa ada penguasaan lahan fisik seluas sekitar 2,3 hektare di Desa Sukagalih tanpa izin oleh si penerima surat.

Ditegaskan pula bahwa lahan tersebut diklaim PTPN VIII berdasarkan sertifikat HGU nomor 300 tanggal 4 Juli 2008.

Dalam surat tersebut terlihat bahwa dibuat per tanggal 18 Desember 2020 dengan perihal surat somasi pertama dan terakhir.

Namun, surat itu baru diterima warga yang menerima per tanggal 14 Januari 2021.

Pihak PTPN VIII Gunung Mas membenarkan adanya surat somasi kepada warga tersebut yang mana diakui dikirim ke seluruh okupan 

"Betul, kami telah membuat surat somasi kepada seluruh okupan di wilayah kebun Gunung Mas," kata Humas PTPN VIII Veny Renbang saat dikonfirmasi TribunnewsBogor.com, Senin (18/1/2021).

Diketahui, lahan di sekitar Markaz Syariah ini kini sudah cukup ramai berdiri bangunan-bangunan.

Mulai dari bangunan yayasan, sekolah swasta, lahan yang digarap warga menjadi tempat usaha, restoran, cafe hingga pemukiman warga.

Belum jelas wilayah Desa Sukagalih mana saja yang disebut lahan okupansi yang dimaksud.

Namun, papan informasi lahan HGU milik PTPN VIII Gunung Mas ini sudah bisa ditemukan di titik lokasi yang berjarak sekitar 6,5 KM dari lokasi Markaz Syariah yang sudah lebih dulu mendapat surat somasi.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved