Sriwijaya Air Jatuh

Update 10 Hari Operasi Pencarian Sriwijaya Air SJ 182, Ini Daftar Temuan Penting dari Lokasi

Pada Minggu (17/1/2021), Tim SAR telah menemukan bagian dari cockpit voice recorder (CVR), yakni CVR electronic.

Editor: khairunnisa
Tribunnews/Jeprima
Foto udara dari pesawat CN 295 milik TNI AU saat melakukan proses pencarian pesawat Sriwijaya Air SJ 182 yang jatuh di sekitar perairan Kepulauan Seribu, Jakarta Utara, Minggu (10/1/2021). Dari udara terlihat tim SAR gabungan mencari serpihan dan korban pesawat Sriwijaya Air SJ 182 serta terlihat tumpahan minyak yang diduga bahan bakar Sriwijaya Air SJ 182. Tribunnews/Jeprima 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Operasi pencarian Sriwijaya Air SJ 182 yang jatuh di perairan Kepulauan Seribu pada Sabtu (9/1/2021), masih belanjut.

Hari ini, Senin (8/1/2021), operasi pencarian sudah memasuki hari ke-10.

Tim SAR gabungan telah berhasil mengevakuasi banyak temuan mulai serpihan pesawat, potongan tubuh korban hingga bagian dari kotak hitam atau black box pesawat.

Kompas.com merangkum temuan-temuan penting pesawat Sriwijaya Air SJ 182 selama 10 hari operasi pencarian sebagai berikut.

1. Flight data recorder ( FDR)

Flight data recorder ( FDR) atau bagian kotak hitam pesawat Sriwijaya Air SJ 182 berhasil ditemukan Tim SAR gabungan pada Selasa (12/1/2020).

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan, penemuan ini dilaporkan Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono setelah sebelumnya melaporkan perkiraan lokasi black box.

"Pukul 16.40 WIB, KSAL melaporkan kembali bahwa flight data recorder sudah ditemukan," ujar Hadi Tjahjanto pada Selasa.

FDR merupakan bagain dari kotak hitam yang menjadi kunci untuk mengungkap penyebab jatuhnya pesawat rute Cengkareng-Pontianak itu.

FDR mencatat segala macam informasi terkait teknis pesawat sebelum jatuh di perairan Kepulauan Seribu.

2. Baterai dan casing CVR

Panglima Komando Armada (Koarmada) 1 Laksamana Muda TNI Abdul Rasyid mengatakan, bagian baterai dan casing Cockpit Voice Recorder (CVR) kotak hitam Sriwijaya Air SJ 182 telah ditemukan di Kepulauan Seribu, Jumat (15/1/2021) sore.

"Body atau casing-nya sudah kita temukan. Baterai atau beacon sudah kita temukan. Tinggal kita mencari memori CVR itu," kata Rasyid Jumat.

Untuk itu, pihaknya terus mengerahkan tim mencari keberadaan memori CVR.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved