Breaking News:

Banjir Bandang di Puncak

Penyebab Banjir Bandang dan Longsor di Puncak, BPBD Sebut karena Sungai Cisampai Tersumbat

Alfajar mengatakan, penyebab terjadinya bencana akibat adanya sumbatan air di aliran kali Cisampai, Kabupaten Bogor.

TribunnewsBogor.com/Yudistira Wanne
bencana tanah longsor di RT 02 RW 02 Desa Tugu Selatan, Kampung Gunung Mas, Cisarua, Kabupaten Bogor, Selasa (19/1/2021) 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Yudistira Wanne

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, CISARUA - Kabid Kedaruratan dan logistik BPBD Kabupaten Bogor Raya, Alfajar membeberkan terkait bencana tanah longsor di RT 02 RW 02 Desa Tugu Selatan, Kampung Gunung Mas, Cisarua, Kabupaten Bogor, Selasa (19/1/2021).

Alfajar mengatakan, penyebab terjadinya bencana akibat adanya sumbatan air di aliran kali Cisampai, Kabupaten Bogor.

"Ada sumbatan di kali Cisampai itu ada longsoran kemudian tersumbat ditambah dengan curat hujan yang tinggi kemudian meluap, material terbawa aliran sungai, ada mungkin sebetar (aliran air) tertahan kemudian terurai kembali terus. Sekarang kondisi diatas juga masih bahaya, jadi jangan naik dulu ke atas," ujarnya.

Lebih lanjut, Alfajar membeberkan bahwa penyebab terjadinya musibah lantaran ada longsoran di mata air.

"Kejadian ini awalnya dari longsor longsoran tebing mata air, di atas gunung menyebabkan banjir bandang.  Kalau banjir bandang kan tiba-tiba. Itu berdasarkan informasi dari warga kita petugas belum bisa naik ke sana lokasinya 4 kilometer dari lokasi," bebernya.

Terkait logistik, Alfajar menegaskan bahwa logistik terus disalurkan untuk kebutuhan para warga yang mengungsi di wisma agrowisata Gunung Mas.

"Terus akan kita tambah sesuai kebutuhan nanti. Semua sudah ada bantuan sembako makanan pakaian sudah kita siapkan, nanti akan kita tambah sesuai dengan kebutuhan mereka," tandasnya.

Penulis: Yudistira Wanne
Editor: Ardhi Sanjaya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved