Breaking News:

Hina Raja Thailand, Wanita Ini Terancam 87 Tahun Penjara, Setelah Banding Hukumannya Jadi Segini

wanita Thailand yang dituduh menghina keluarga kerajaan dihukum penjara pada Selasa (19/1/2021) selama lebih dari 43 tahun.

Editor: Yuyun Hikmatul Uyun
gridhot
Jadi Salah Satu Raja Terkaya di Dunia, ini Sumber Kekayaan Raja Thailand Maha Vajiralongkorn 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Seorang wanita Thailand, yang bernama Anchan yang dituduh menghina keluarga kerajaan dihukum penjara puluhan tahun.

Sebuah kelompok hak hukum mengatakan hukuman itu terberat yang pernah dijatuhkan di bawah undang-undang lese majeste yang ketat di negara itu, seperti yang dilansir dari AFP pada Selasa (19/1/2021).

Putusan itu diambil saat Thailand meningkatkan penggunaan undang-undang kontroversialnya terhadap pengunjuk rasa pro-demokrasi, yang tuntutannya mencakup reformasi monarki yang sangat kuat.

Raja Thailand, Maha Vajiralongkorn resmi menerima warisan kerajaan Thailand sebesar 30 miliar dolar AS atau lebih dari Rp 422 triliun
Raja Thailand, Maha Vajiralongkorn resmi menerima warisan kerajaan Thailand sebesar 30 miliar dolar AS atau lebih dari Rp 422 triliun (Kompas.com)

Regulasi itu digunakan untuk melindungi keluarga kerajaan dari pencemaran nama baik, penghinaan atau ancaman, pasal 112 dari hukum pidana secara rutin ditafsirkan untuk memasukkan kritik apapun terhadap monarki.

Pada Selasa, Anchan yang nama belakangnya dirahasiakan oleh pengacara hak asasi manusia untuk melindungi kerabatnya, didakwa atas 29 dakwaan lese majeste dan total ancaman penjara 87 tahun.

Kini, setelah ajukan banding, Anchan dihukum penjara selama lebih dari 43 tahun, pada Selasa (19/1/2021).

Baca juga: Viral Pernikahan 3 Pria di Thailand, Janji Sehidup Semati Sebagai Suami Istri, Ibunda Tak Melarang

Baca juga: Didemo Rakyatnya, Ini Profil Raja Thailand: Kaya Raya, Sering Gonta-ganti Istri & Punya Banyak Selir

Pengadilan memotong separuh hukumannya karena dia mengaku, menurut kelompok Pengacara Hak Asasi Manusia Thailand, yang melacak kasus pencemaran nama baik kerajaan.

Anchan, mantan pegawai negeri, pertama kali ditangkap pada 2015 setelah dikaitkan dengan pembawa acara podcast bawah tanah yang dikenal sebagai "DJ Banpodj", seorang kritikus yang berapi-api terhadap monarki.

Raja Thailand Maha Vajiralongkorn dan Ratu Suthida Lantik Mantan Pacarnya Jadi Selir Resmi Kerajaan
Raja Thailand Maha Vajiralongkorn dan Ratu Suthida Lantik Mantan Pacarnya Jadi Selir Resmi Kerajaan (scmp)

Dia awalnya ditahan dalam penahanan pra-sidang selama tiga tahun sebelum dibebaskan dengan jaminan. 

Hukuman terlama sebelumnya di bawah hukum lese majeste adalah 35 tahun yang dijatuhkan kepada seorang pria pada tahun 2017.

Baca juga: Download Lagu Keterlaluan Viral di TikTok Kamu Bukan Putri Raja, Lirik Lagu Keterlaluan The Potters

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved