Breaking News:

Rektor IPB University Serahkan Data Desa Presisi ke Mensos Risma

Penyerahan data tersebut untuk desa Pantai Bakti, Kecamatan Muaragembong, Kabupaten Bekasi.

Penulis: Lingga Arvian Nugroho | Editor: Vivi Febrianti
Ist
Rektor IPB University, Prof Dr Arif Satria didampingi Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) menyerahkan hasil Data Desa Presisi (DDP) kepada Menteri Sosial Tri Rismaharini. 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Lingga Arvian Nugroho

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR - Rektor IPB University, Prof Dr Arif Satria didampingi Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) menyerahkan hasil Data Desa Presisi (DDP) kepada Menteri Sosial Tri Rismaharini.

Penyerahan data tersebut untuk desa Pantai Bakti, Kecamatan Muaragembong, Kabupaten Bekasi.

Secara simbolis data itu diterima langsung oleh Menteri Sosial Republik Indonesia, Dr (HC) Tri Rismaharini di Kantor Desa Pantai Bakti, Jumat (22/1/2021).

Kepala LPPM IPB University Dr Ernan Rustiadi mengatakan program DDP merupakan bentuk bakti IPB University.

Selain menyelenggarakan pendidikan di kampus, perguruan tinggi juga memiliki tanggung jawab penelitian dan pengabdian pada masyarakat, sesuai dengan amanah tridharma perguruan tinggi.

"LPPM IPB University bertugas mengkoordinasikan kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat seperti Kuliah Kerja Nyata (KKN), Dosen Mengabdi, termasuk diantaranya program Data Desa Presisi ini," ujarnya.

Hal yang sama juga dikatakan Ketua Tim dan penggagas Data Desa Presisi IPB University Dr Sofyan Sjaf,  menyatakan, gagasan DDP berawal dari keprihatinan dirinya terhadap polemik data yang terjadi hingga saat ini.

Ketidakakuratan data, kata dia, bisa menjadi sebab gagalnya kebijakan pembangunan.

"DDP merupakan data yang memiliki akurasi tinggi, dengan mengkombinasikan data numerik dan data spasial dan peran teknologi serta partisipasi aktif masyarakat, dengan DDP kita tidak lagi berpolemik tentang berapa jumlah orang miskin, berapa yang putus sekolah, orang yang sakit dan lainnya," kata Wakil LPPM IPB University bidang Pengabdian kepada Masyarakat ini.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved