Breaking News:

Mengintip Jejak Penjagalan Hewan Masa Kolonial di RPH Jalan Pemuda

Dari informasi yang ditelusuri TribunnewsBogor.com, J.B Hune atau JB Heyne merupakan merk pabrik genting di wilayah Bandung yang tutup di tahun 1950an

TribunnewsBogor.com/Lingga Arvian Nugroho
Rumah Pemotonhan Hewan (RPH) Jalan Pemuda, Kota Bogor menjadi saksi bisu dari keberadaan aktifitas jagal hewan di jaman kolonial. 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Lingha Arvian Nugroho

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, TANAH SAREAL - Cap bertulisan J.B. Heune Bandoeng pada genting bangunan tempat jagal hewan ternak di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Jalan Pemuda, Kota Bogor menjadi saksi bisu dari keberadaan aktifitas jagal hewan di zaman kolonial.

Dari informasi yang ditelusuri TribunnewsBogor.com, J.B Hune atau JB Heyne merupakan merk pabrik genting di wilayah Bandung yang tutup di tahun 1950an.

Genting bertulisan J.B Heune tersebut sampai saat ini masih mejadi atap bangunan RPH di Jalan Pemuda meski beberapa genting jatuh berserakan lantaran kayu penopangnya sudah rapuh.

Sore menjelang malam langit terang yang berubah meredup menambah suasana remang-remang di dalam rumah pemotongan hewan.

Tak ada aktivitas apapun dan hanya terdengar riuh suara gaduh motor lantaran RPH ini berada persin di sisi jalan.

Lumut-lumut menjalar di tembok dan wastafel tempat pencucian daging-daging hewan yang sudah disembelih di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) di Jalan Pemuda.

Rel yang digunakan untuk menggantung hewan ternak ketika telah disembelih pun masih menempel di langit-langit rumah potong hewan.

Dari cerita yang didapat TribunnewsBogor.com dari warga sekitar yang juga sempat mengalami kerja di tempat tersebut, bercerita bahwa di rumah pemotongan hewan tersebut ada beberapa ruangan yang berbeda fungsi.

Untuk loading hewan ternak atau tempat parkir hewan ternak yang akan disembelih yang dibawa oleh para distributor daging tersebut berada di jalan yang saat ini menjadi gedung DPRD Kota Bogor.

Halaman
12
Penulis: Lingga Arvian Nugroho
Editor: Vivi Febrianti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved