Breaking News:

Begini Cara Pembuatan Vaksin Covid-19, Lengkap dengan Cara Kerjanya

Virus tersebut kemudian dikembangkan dalam sel dan kemudian menggunakan bahan kimia yang disebut beta-propiolakton untuk menonaktifkannya.

Editor: khairunnisa
istimewa/Pemkot Bogor
Sembilan hari pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi tenaga kesehatan (nakes) di Kota Bogor, tercatat sudah ada 2.263 orang atau 23,74% yang sudah di suntik vaksin Sinovac dari 9.533 sasaran. 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Salah satu upaya dunia dalam mengatasi pandemi Covid-19 adalah dengan vaksinasi, selain juga tetap menjaga protokol kesehatan agar penularan dapat menurun.

Saat ini sejumlah negara tengah melakukan program vaksinasi nasional menggunakan beberapa merek vaksin yang telah dibuat oleh sejumlah perusahaan biofarmasi.

Vaksin-vaksin ini mulai dapat digunakan setelah mengantongi izin penggunaan darurat.

Banyak ahli menyebut, sejumlah vaksin yang telah mendapatkan izin penggunaan darurat aman untuk digunakan dan terbukti efektif mengatasi gejala Covid-19.

Meskipun demikian, ada juga kalangan yang masih meragukan vaksin virus corona tersebut.

Lantas bagaimana sebenarnya proses pembuatan vaksin?

Cara kerja vaksin

Dikutip dari Medical News Today (22/1/2021), vaksin yang dikenal selama ini dibuat dengan menggunakan patogen atau sebagian patogen virus yang dinonaktifkan.

Namun pembuatan vaksin saat ini juga dapat dilakukan menggunakan materi genetik yang disintesis secara kimiawi di laboratorium.

Materi genetik itu kemudian mengajari dan memberikan perintah sistem kekebalan tubuh cara melawan infeksi virus SARS-CoV-2 di masa mendatang.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved