Breaking News:

Luncurkan Empat Taman Baru, Kebun Raya Bogor Perkaya Koleksi Botani Asli Indonesia

Inovasi baru dimasa pandemi ini dihadirkan sebagai wajah baru untuk wujudkan berwisata aman dan nyaman

TribunnewsBogor.com/Lingga Arvian Nugroho
Kebun Raya Bogor luncurkan empat taman baru 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Lingga Arvian Nugroho

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR TENGAH - Kolaborasi dengan PT Pertamina (persero), Kebun Raya Bogor luncurkan empat taman baru yang berlokasi di dalam komplek Kebun Raya Bogor (KRB).

Inovasi baru dimasa pandemi ini dihadirkan sebagai wajah baru untuk wujudkan berwisata aman dan nyaman

General Manager Kebun Raya Bogor Marga Anggrianto mengatakan bahwa pandemi Covid-19 tidak menyurutkan Kebun Raya untuk berhenti berinvonasi.

Salah satunya dengan berkolaborasi bersama PT Pertamina (Persero) hal itu dilakukan dalam upaya mendukung fungsi edukasi dan konservasi.

"Wujud nyatanya adalah revitalisasi taman-taman di Kebun Raya Bogor, kini, hasilnya sudah dapat dinikmati oleh pengunjung," ujarnya.

Keempat taman yang baru diluncurkan adalah Taman Anggrek Hitam, Taman Kopi, Taman Durian dan Taman Nephentes.

Marga menjelaskan Kebon Raya Bogor pun terus meningkatkan tugas dan fungsinya sebagai sarana konservasi, penelitian, pendidikan, wisata serta jasa lingkungan.

Salah satunya dengan menggagas kerja sama antara Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan PT Pertamina (Persero) melalui aktivitas Corporate Social Responsibility (CSR) dalam wujud nyatanya berupa revitalisasi di taman tematik dengan koleksi tanaman obat serta Orchidarium.

Dalam program ini, selain merevitalisasi Taman Obat & Orchidarium, Pertamina memperkenalkan dan mengembangkan Taman Binaannya yaitu Taman Anggrek Hitam, Taman Kopi, Taman Durian dan Taman Nephentes.

"Taman angrek hitam dan taman kopi itu terletak ditaman obat dan orchidarium khsus taman angrek hitam kita ada jenis baru, angrek hitam itu merupakan jenis yang langka sekarang ada di Kebun Raya Bogor lalu ini masih di area taman obat kita ada taman binaan kopi itu ada tiga jenis kopi, dari pertamina juga merevitalisasi taman durian itu meruapakan taman baru di Kebun Raya Bogor ada dua jenis durian," ujarnya.

Sementara itu untuk taman Nephentes itu ada berbagai jenis tanaman pemakan serangga

"Dengan adanya taman itu yang menyimpan jenis tunbuhan yang memakan serangga jadi itu salasatu keunikan daya tarik terbaru untuk fungsi edukasi wisata di Kebun Raya Bogor," katanya.

Marga mejelaskan bahwa kerjasama ini sebagai kontribuso dari pertamina untuk mendukung upaya konservasi yang ada di Indonesia salah satunya dengan membwrikan edukasi melalui adanya taman taman baru.

Selain membantu  merevitalisasi taman PT Pertamina (Persero) juga turut serta dalam pelestarian lingkungan dengan melakukan perhitungan daya serap karbon di Kebun Raya Bogor, salah satu programnya yaitu menghibahkan 10 unit bus listrik agar dapat membantu mengurangi emisi karbon di area Kebun Raya Bogor.

Penulis: Lingga Arvian Nugroho
Editor: Ardhi Sanjaya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved