Breaking News:

Virus Corona di Bogor

Angka Kematian Covid-19 di Kabupaten Bogor Tertinggi se-Jawa Barat, Bupati Ade Yasin: Salah Input

angka kematian tersebut versi Pikobar ini ternyata jauh berbeda dengan angka dari Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bogor.

TribunnewsBogor.com/Naufal Fauzy
Bupati Bogor Ade Yasin saat ditemui wartawan di Gedung Sekretariat Daerah Kabupaten Bogor, Cibinong, Selasa (2/2/2021). 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Naufal Fauzy

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, CIBINONG - Angka kematian akibat Covid-19 versi Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Jawa Barat (Pikobar) menunjukan bahwa Kabupaten Bogor tertinggi se-Jawa Barat.

Namun angka kematian tersebut versi Pikobar ini ternyata jauh berbeda dengan angka dari Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bogor.

Bupati Bogor Ade Yasin mengatakan bahwa memang terjadi selisih atau perbedaan angka cukup jauh antara data Satgas Covid-19 Kabupaten Bogor dengan Pikobar.

Ade mengatakan bahwa ada kekeliruan pada input data Pikobar.

"Salah input," kata Ade Yasin saat ditemui wartawan di Cibinong, Selasa (2/2/2021).

Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bogor Dedi Syarif menambahkan kesalahan input ini berupa kesalaham centang kolom konfirmasi positif.

"Memang ada miss sedikit, kita kemarin salah menginput. Data yang terkonfirmasi karena hanya diceklis, seluruh Indonesia masuk data, terkonfirmasu alamat Kabupaten Bogor itu diceklis. Nah diceklisnya itu bukan di kolom yang terkonfirmasi, tapi yang meninggal, ada kesalaham di situ," kata Dedi Syarif.

Dedi mengatakan bahwa atas hal ini, pihaknya sudah menghubungi pihak Provinsi Jawa Barat untuk menarik kembali dan merevisi data Covid-19 Kabupaten Bogor.

Diberitakan sebelumnya, jumlah angka kematian akibat Covid-19 di Kabupaten Bogor versi Pikobar sempat bikin Bupati Bogor Ade Yasin kaget.

Sebab, angka yang ditunjukan Pikobar jauh berbeda dan lebih banyak dibanding dengan data Satgas Covid-19 Kabupaten Bogor sekaligus membuat Kabupaten Bogor disebut-sebut tertinggi se-Provinsi Jawa Barat terkait soal data kematian akibat Covid-19.

"Makanya, kaget juga saya," kata Ade Yasin kepada wartawan, Senin (1/2/2021).

Data resmi Pikobar per 31 Januari 2021 di laman https://pikobar.jabarprov.go.id menunjukan bahwa jumlah kematian akibat Covid-19 di Kabupaten Bogor telah mencapai 304 orang.

Sementara berdasarkan data monitoring Covid-19 pada Satgas Covid-19 Kabupaten Bogor di tanggal yang sama menunjukan angka kematian akibat Covid-19 berjumlah 81 orang.

Penulis: Naufal Fauzy
Editor: Damanhuri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved