Breaking News:

Waspada saat Pindahkan Isi Chat di WhatsApp ke Telegram, Ini Alasannya !

Aplikasi berbasis cloud seperti Telegram memiliki keuntungan, salah satunya chat bisa diakses dari beberapa perangkat secara bersamaan.

Editor: khairunnisa
Istimewa
Telegram Messenger 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Beberapa waktu lalu, Telegram meluncurkan fitur baru yang memudahkan penggunanya memindahkan isi chat dari WhatsApp ke Telegram.

Fitur itu tidak hanya berlaku untuk WhatsApp saja, tapi juga sejumlah aplikasi pesan instan lain.

Namun, Anda harus lebih berhati-hati jika ingin memindahkan isi chat WhatsApp ke Telegram maupun platform ketiga lain.

Ahli keamanan siber, Zach Duffman, dalam sebuah artikel di Forbes mengatakan ada celah keamanan yang bisa dieksploitasi.

Ia mengatakan, memindahkan isi chat WhatsApp ke penyimpanan awan (cloud) pihak ketiga seperti Telegram, Google, atau Apple tidak sepenuhnya aman.

Duffman mengatakan, Semua percakapan yang dilakukan di WhatsApp dilindungi sistem keamanan dari ujung ke ujung (end-to-end encryption).

Sederhananya, semua chat dan panggilan yang terjadi di WhatsApp dikunci, sehingga, tidak ada pihak lain termasuk WhatsApp yang bisa mengintip isi pesan atau mendengar percakapan panggilan.

Pesan hanya bisa dibaca oleh pengirim dan penerima saja.

Tawa Michaela Paruntu Pecah saat Diwawancarai, Sikap James Arthur Disoroti Pakar Ekspresi : Gelisah

Ditanya Momen Indah saat Menikah dengan Gisel, Jawaban Gading Marten Bikin Raffi Ahmad Salut : Keren

Namun, enkripsi itu tidak lagi berlaku saat pesan yang sudah diterima oleh perangkat dicadangkan ke penyimpanan awan seperti iCloud atau Google Drive.

WhatsApp pun sudah menjelaskan hal ini di laman FAQ, yang menerangkan bahwa "media dan pesan yang Anda cadangkan tidak dilindungi oleh enkripsi end-to-end WhatsApp saat berada di iCloud/Google Drive.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved