Breaking News:

Agar Siap Bantu Penegakan Hukum Bagi Masyarakat Kurang Mampu, Paralegal Dikumpulkan di Kota Bogor

Paralegal dari berbagai daerah menjalani seminar pra pendidikan dan pelatihan di International Convention Center (ICC) Botani Square, Kota Bogor.

TribunnewsBogor.com/Naufal Fauzy
Paralegal dari berbagai daerah menjalani seminar pra pendidikan dan pelatihan di International Convention Center (ICC) Botani Square, Kota Bogor, Minggu (7/2/2021). 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Naufal Fauzy

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR TENGAH - Paralegal dari berbagai daerah menjalani seminar pra pendidikan dan pelatihan di International Convention Center (ICC) Botani Square, Kota Bogor, Minggu (7/2/2021).

Seminar yang bertema 'kedudukan paralegal dalam perspektif hukum' ini digelar oleh Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Yayasan Keadilan Anak Bangsa (YKAB).

Paralegal ini adalah profesi yang berpraktik melayani klien masyarakat dalam membantu masalah hukum.

"Seminar ini menambah wacana, ilmu kajian hukum, materi hukum buat penambahan dalam segi bantuan hukum mereka di lapangan," kata Ketua Umum LBH YKAB A Noer Ali kepada TribunnewsBogor.com.

Seminar ini, kata dia, diikuti sebanyak 60 anggota perwakilan paralegal dari total 128 peralegal se-Jabodetabek yang dinaungi LBH YKAB.

Ketua YKAB Ferdinan yang turut jadi pemateri menambahkan bahwa kegiatan tersebut juga untuk mengenalkan kepada masyarakat terkait paralegal yang merupakan non sarjana hukum namun mampu membantu masalah hukum.

"Tujuannya untuk mengenalkan kepada masyarakat untuk lebih mengenal paralegal ini sebagai pemberi bantuan hukum bagi masyarakat yang membutuhkan," katanya.

Ferdinan menuturkan paralegal ini bisa bertugas dengan syarat terdaftar di bawah naungan LBH.

Dia berharap paralegal ini nantinya bisa membantu masyarakat kurang mampu yang terlibat masalah hukum.

"Paralegal ini harus di bawah naungan LBH tujuannya adalah untuk membantu masyarakat dan memperkenalkan kepada masyarakat ada UU yang mengatur untuk pencari keadilan masyarakat yang termarjinal atau tidak mampu bisa dibantu paralegal. Harapannya bisa membantu pemerintah dalam hal penegakan hukum terutama masyarakat yang tidak mampu," ungkap Ferdinan.

Penulis: Naufal Fauzy
Editor: Mohamad Afkar Sarvika
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved