Breaking News:

Terpilih Jadi Ketua Apeksi, Bima Arya Akan Kuatkan Sinergi Pemerintah Pusat dan Daerah

Wali Kota Bogor Bima Arya terpilih secara aklamasi menjadi Ketua Dewan Pengurus Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi).

Istimewa/Pemkot Bogor
Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto terpilih sebagai Ketua APEKSI periode 2021-2024, Kamis (11/2/2021). 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Wali Kota Bogor Bima Arya terpilih secara aklamasi menggantikan Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany sebagai Ketua Dewan Pengurus Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) dalam Musyawarah Nasional VI Apeksi yang diselenggarakan di Plataran Senayan, Jakarta, Kamis (11/2/2021).

Usai terpilih, Bima Arya jajaran pengurus periode 2021–2024 langsung dikukuhkan secara resmi oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian secara daring.

“Yang luar biasa dari ibu Airin adalah bahwa kami semua para wali kota merasa disambungkan dengan pemerintah pusat dengan sangat intens. Yang sangat hebat dari ibu Airin adalah beliau menjadi fasilitator yang baik antara aspirasi kami di daerah dengan kebijakan-kebijakan pemerintah pusat,” ungkap Bima, usai dikukuhkan sebagai Ketua Apeksi.

“Insya Allah itu akan kita lanjutkan dan Insya Allah kita akan perkuat sinergi antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah untuk pengendalian Covid-19 dan economic recovery, kerjasama antar daerah dan lain sebagainya. Karena memang semangat dari Apeksi ini adalah semangat kebersamaan,” jelasnya.

Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto terpilih sebagai Ketua APEKSI periode 2021-2024, Kamis (11/2/2021).
Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto terpilih sebagai Ketua APEKSI periode 2021-2024, Kamis (11/2/2021). (Istimewa/Pemkot Bogor)

Bima Arya mengatakan, sebagai bagian dari pemerintah pusat, tentunya pemerintah daerah memiliki kewajiban untuk menyampaikan semua kebijakan pusat secara jelas kepada publik agar bisa berjalan dengan baik. “Satu hal yang menjadi mimpi kita semua, ketika semua kebijakan dari pemerintah pusat bisa dipahami dan diartikulasikan dengan baik oleh semua pemimpin daerah,” kata Bima.

Dalam kesempatan tersebut, Bima Arya juga meminta kesediaan Airin Rachmi Diany sebagai Ketua Dewan Pengawas Apeksi dan didampingi oleh Wali Kota Jambi Syarif Fasha dan Wali Kota Parepare Taufan Pawe.

Kemudian di jajaran dewan pengurus diisi oleh Wali Kota Gorontalo Marten Taha sebagai Wakil Ketua Bidang Pemerintahan dan Otonomi, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi sebagai Wakil Ketua Bidang Pembangunan dan Kerjasama, Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina sebagai Wakil Ketua Bidang Kesejahteraan Sosial dan Perkotaan, Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar sebagai Wakil Ketua Bidang Ekonomi dan Keuangan, Wali Kota Prabumulih Ridho yahya sebagai Wakil Ketua Bidang Informasi, Advokasi dan Hukum, serta Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko sebagai Bendahara.

Apresiasi Mendagri

Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Tito Karnavian dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada jajaran pengurus yang baru terpilih dan seluruh pengurus yang dipilih dalam Munas VI Apeksi 2021.

“Saya melihat bahwa sosok Pak Bima Arya merupakan sosok yang tepat untuk menjadi Ketua Apeksi. Selama menjabat sebagai Kapolri maupun sebagai Mendagri, Bogor tidak jauh dari Jakarta, mudah untuk dilihat. Secara intelektual luar biasa, kualitas akademik tidak diragukan, memiliki kemampuan emotional quotient, kemampuan berinteraksi, berkomunikasi dengan berbagai kalangan dan juga memiliki spiritual quotient yang baik,” ungkap Tito secara daring.

Halaman
12
Editor: Mohamad Afkar Sarvika
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved