Breaking News:

BIN Sudah Tes Covid-19 Lebih dari 50 Ribu Orang Secara Acak : Masih Butuh Peran Aktif Masyarakat

BIN sudah sudah berulang kali menggelar tes yang serupa di berbagai daerah sejak Mei 2020 lalu terutama di titik-titik zona merah penyebaran Covid-19.

TribunnewsBogor.com/Naufal Fauzy
Ilustrasu BIN menggelar tes Covid-19 massal di Cibinong, Kabupaten Bogor. 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Naufal Fauzy

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOJONGGEDE - Koordinator Lapangan Mobile Laboratorium Covid-19 Badan Intelejen Negara (BIN), Kol. Inf. Budi Santoso mengatakan bahwa tes Covid-19 massal yang dilakukan BIN adalah upaya mendeteksi penyebaran corona.

BIN sudah sudah berulang kali menggelar tes yang serupa di berbagai daerah sejak Mei 2020 lalu terutama di titik-titik zona merah penyebaran Covid-19.

"Kegiatan ini sudah dilaksanakan sejak bulan Mei tahun 2020 dan angkanya sudah di atas 50 ribu orang yang kita lakukan test," kata Budi Santoso kepada wartawan dalam acara tes Covid-19 massal di Terminal Bojonggede, Kabupaten Bogor, Selasa (16/2/2021).

Dalam pelaksanaannya seperti di Bojonggede, selain alat rapid antigen, BIN mengandalkan mobil laboratorium Covid-19 PCR Biosafety Level 2 (BSL-2) untuk tes swab bagi warga yang reaktif antigen.

Termasuk pula menurunkan tim medical intelejen yang terdiri dari berbagai formasi, yakni dokter, analis, perawat dan formasi pendukung lainnya.

Meski begitu, Budi mengatakan bahwa masih oerlu peran aktif masyarakat dalam memutus penyebaran Covid-19 ini.

"BIN tidak bisa bergerak sendiri, kami sangat membutuhkan peran aktif masyarakat dalam memutus penyebaran virus Covid-19. Masyarakat harus terus disiplin melaksanakan protokol kesehatan," tegas Budi.

Dia juga meminta Satgas Covid-19 daerah terus melaksanakan 3T, yakni Tracing, Testing dan Treatment dalam penanganan warga yang terpapar virus corona ini.

Penulis: Naufal Fauzy
Editor: Ardhi Sanjaya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved