Breaking News:

Cuaca Buruk Diprediksi Terjadi Sampai April 2021, Bupati Bogor Ade Yasin : Kita Harus Siap-Siap

berdasarkan informasi dari Badan Meteorologo, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) cuaca buruk diprediksi akan terjadi sampai Maret dan April.

Doc. Facebook/NGS Batteries
Ilustrasi 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Naufal Fauzy

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, CIBINONG - Bupati Bogor Ade Yasin mengatakan bahwa prediksi cuaca buruk yang berpotensi bencana alam masih akan terjadi.

Lanjut dia, berdasarkan informasi dari Badan Meteorologo, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) cuaca buruk diprediksi akan terjadi sampai Maret dan April.

Hal ini pun membuat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Bogor kembali menggelar pertemuan demi membahas lebih lanjut terkait mitigasi bencana pada Senin (15/2/2021).

"Berdasarkan informasi dari BMKG, potensi bencana biasanya terjadi di bulan Desember dan Januari. Tetapi efek dari badai la nina mengakibatkan perubahan kondisi sehingga diprediksi potensi bencana bisa berlangsung hingga bulan Maret dan April mendatang," kata Ade Yasin kepada wartawan.

Kolaborasi, koordinasi dan sinergi, kata Ade, menjadi hal penting yang harus dilakukan antar dinas terkait terutama dalam penanganan bencana di Kabupaten Bogor baik bencana alam dan non alam serta perbaikan pelayanan kedaruratan bencana.

Ade juga meminta untuk mengaktifkan kembali Desa Tangguh Bencana (Destana) di Kabupaten Bogor.

"Persoalan bencana memang kita tidak hapal kapan dan dimana. Tetapi ketika sudah ada peringatan, kita harus siap-siap," katanya.

Dia menjelaskan bahwa di tahun 2021 ini ada 13 kecamatan yang kerap menjadi lokasi terjadi bencana alam kecil. 

"Ini bisa menjadi besar kalau tidak ada upaya pencegahan bencana. Itulah pentingnya mitigasi bencana," pungkasnya.

Penulis: Naufal Fauzy
Editor: Ardhi Sanjaya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved