Breaking News:

Dongkrak Perekonomian di Tengah Pandemi, Pemkab Bogor Luncurkan Program Satu Miliar Satu Desa

Ade Yasin mengatakan bahwa program ini diluncurkan untuk mendongkrak perekonomian desa dan upaya peningkatan infrastuktur desa. 

Dok. Pemkab Bogor
Program Satu Miliar Satu Desa (Samisade) resmi diluncurkan Pemerintah Kabupaten Bogor di Kantor Desa Cipenjo, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor, Rabu (17/2/2021). 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Naufal Fauzy

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, CIBINONG - Program Satu Miliar Satu Desa (Samisade) resmi diluncurkan Pemerintah Kabupaten Bogor di Kantor Desa Cipenjo, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor, Rabu (17/2/2021).

"Hari ini program Samisade resmi kita luncurkan, ini program yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat desa," kata Bupati Bogor Ade Yasin.

Ade Yasin mengatakan bahwa program ini diluncurkan untuk mendongkrak perekonomian desa dan upaya peningkatan infrastuktur desa. 

Seperti, pembangunan jalan desa, pembangunan tebing desa, drainase desa dan yang lainnya.

"Program ini diperuntukan bagi 352 desa yang tersebar di wilayah Kabupaten Bogor bagi desa yang lolos verifikasi sebagai penerima bantuan program Samisade," kata Ade.

Saat ini, kata Ade, pihaknya tengah melakukan refocusing anggaran sehingga jumlah desa yang menerima program ini bisa ditambah lagi.

Sementara untuk memaksimalkan peggunaan dan penyerapan anggaran program ini, akan dilakukan pengetatan pengawasan dengan melibatkan kejaksaan, tokoh masyarakat dan menjalankan pengawasan secara kolaborasi melalui pengawasan padat karya.

"Target kami paling telat April ini, program ini sudah bisa kita laksanakan. Tingkat Kabupaten kami sudah MoU dengan Kejaksaan, tingkat kecamatan yang mengawasi pihak Kecamatan, sedangkan untuk desa nanti pengawasannya oleh tokoh masyarakat dan BPD. Makanya kita ada anggaran operasional 5 persen dari satu miliar itu untuk operasional," pungkasnya.

Penulis: Naufal Fauzy
Editor: Vivi Febrianti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved