Breaking News:

Dorong Kemandirian Sektor Pertanian di Pondok Pesantren, Mentan : Manfaatkan Setiap Jengkal Lahan

Syahrul Yasin Limpo mengatakan, pihaknya mengapresiasi pondok pesantren di Kota Bogor yang telah memanfaatkan setiap jengkal lahan

Istimewa/Pemkot Bogor
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo bersama Wali Kota Bogor Bima Arya dan Anggota DPR RI Ecky Awal Mucharam menghadiri peresmian Greenhouse ABN Farm 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo bersama Wali Kota Bogor Bima Arya dan Anggota DPR RI Ecky Awal Mucharam menghadiri peresmian Greenhouse ABN Farm sekaligus penyerahan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) di Pondok Pesantren Al Ghazaly, Cimanggu, Tanah Sareal, Kota Bogor, Minggu (21/2/2021).

Syahrul Yasin Limpo mengatakan, pihaknya mengapresiasi pondok pesantren di Kota Bogor yang telah memanfaatkan setiap jengkal lahan untuk dioptimalkan sebagai penghasil sumber pangan melalui konsep urban farming.

“Mengelola pertanian tidak bisa dilakukan sendiri. Harus melibatkan tangan-tangan lain. Saya bahagia sekali. Hari ini ditunjukkan bagaimana kerja-kerja kolaboratif itu mamang bisa dilakukan dan dampaknya nyata. Pondok Pesantren, legislatif, pemerintah daerah, dan Bank Indonesia bisa sinergi. Kementan siap support Pak Wali,” ungkap Syahrul.

Ia menambahkan, Kementan memang intens menggandeng berbagai pihak dalam mengembangkan pertanian termasuk pondok pesantren melalui program santri milenial pertanian.

Seorang santri bagi Kementan merupakan sosok istimewa yang mencerminkan karakter yang baik dalam akhlak maupun ilmu yang memiliki potensi untuk mengembangkan sistem pertanian terintegrasi sebagai upaya mendorong kemandirian di sektor pertanian.

Di tempat yang sama Bima Arya menyatakan bahwa pemkot Bogor melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian gencar melakukan pembinaan dan pendampingan bagi warga dan kelompok tani lewat program Bogor Berkebun.

“Kota Bogor memang bukan Kabupaten yang areanya luas tapi kita siap untuk urban farming. Kita siap untuk memanfaatkan pekarangan, lahan warga, lahan pesantren dan lain-lain,” ujar Bima.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo bersama Wali Kota Bogor Bima Arya dan Anggota DPR RI Ecky Awal Mucharam menghadiri peresmian Greenhouse ABN Farm
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo bersama Wali Kota Bogor Bima Arya dan Anggota DPR RI Ecky Awal Mucharam menghadiri peresmian Greenhouse ABN Farm (Istimewa/Pemkot Bogor)

“Apa yang dibantu oleh Bank Indonesia, apa yang diintervensi oleh Kementan, saya kira arahnya selain menguatkan aspek ekonomi supaya kita bisa tetap survive, di sisi lain menjaga kebersamaan kita. Silaturahmi antar Ponpes, silaturahmi antara ulama dan umaro, dan kita harus terus bersama-sama mengawal program ini,” tambahnya.

Bima Arya bercerita bahwa di kediamannya juga didirikan Kelompok Wanita Tani (KWT) yang menggandeng warga sekitar.

“Saya sangat bangga melihat militansi ibu-ibu ketika bertani urban farming. Luar biasa. Sering saya tanya ibu-ibu itu kalau sedang menyiram. Ibu rajin banget, kenapa? Kata si ibu, stres di rumah terus,” katanya.

Halaman
12
Editor: Soewidia Henaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved